Indonesia Global Halal Fashion Jadikan Produk Fashion Halal Indonesia Kompetitif di Dunia

By Cerysa Nur Insani, Rabu, 11 September 2024 | 14:10 WIB
BPJPH selenggarakan Indonesia Global Halal Fashion. (Dok. Kementerian Agama)

Stylo Indonesia - Stylovers tentunya sudah tak asing dengan banyaknya pilihan produk halal yang tersedia di Indonesia.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama terus berupaya untuk mendorong pengembangan ekosistem industri halal di Tanah Air.

Selain menyasar sektor industri makanan-minuman yang kewajiban sertifikasi halalnya diberlakukan pada Oktober 2024, upaya kolaboratif penguatan ekosistem juga mulai merambah ke produk barang gunaan.

Misalnya seperti produk sandang atau fashion yang diwajibkan bersertifikat halal pada Oktober 2026.

Untuk itu, BPJPH melakukan upaya strategis dengan menginisiasi Indonesia Global Halal Fashion atau IGHF.

"IGHF lebih dari sekadar mempromosikan produk fashion halal Indonesia ke pasar dunia. Lebih dari itu, IGHF ingin membuktikan bahwa produk halal kita mampu kompetitif secara kualitas di pasar dunia," ujar Muhammad Aqil Irham selaku Kepala BPJPH di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

"IGHF yang kita launching pada 28 Maret 2024 lalu di gelaran Indonesia Fashion Week ini adalah hal baru. Sebagai wadah kolaborasi kita dalam mendorong pengembangan ekosistem industri fashion halal yang merupakan langkah penting untuk mengantarkan Indonesia sebagai kiblat fashion halal dunia," lanjutnya.

Untuk menjadi nomor satu di dunia dalam sektor fashion halal, Aqil mengatakan bahwa Indonesia harus memperkuat pengembangan ekosistem produk fashion halal dalam negeri secara komprehensif dari hulu ke hilir.

Untuk itu, perlu dilakukan inovasi penguatan industri kain halal untuk membangun halal value chain industri fashion halal.

Sedangkan promosi fashion halal dilakukan melalui partisipasi IGHF di sejumlah ajang fashion internasional di berbagai kota di luar negeri, termasuk di London, Milan, dan Paris.

Baca Juga: IN2MF in Paris Pamerkan Modest Fashion dengan Keunikan Kultural dan Heritage Indonesia di Pasar Eropa

"Kami melihat bahwa produk fashion halal bukan hanya soal administratif sertifikasi halal saja. ⁠Kain halal sebagai bahan bisa menjadi pembeda, yang menjadi nilai tambah, dan meningkatkan daya saing produk di pasar global," tambah Aqil.