Stylo Indonesia - Perkuat upaya Indonesia jadi kiblat modest fashion dunia, IN2MF in Paris pamerkan koleksi busana dengan keunikan kultural dan heritage Indonesia di pasar Eropa.
Dalam rangka mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai kiblat modest fashion dunia, Bank Indonesia bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) kembali menggiatkan promosi Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) ke pasar global.
Tahun ini, setelah Kuala Lumpur, Dubai, Istanbul, IN2MF akan hadir untuk yang kedua kalinya di Kota Paris, Perancis, di perhelatan fashion showcase dan exhibition tanggal 7 September 2024 di Salle Wagram, Paris dan trade show internasional Who’s Next tanggal 8-10 September 2024 di Porte de Versailles, Paris.
Kegiatan ini merupakan rangkaian menuju puncak gelaran IN2MF pada tanggal 30 Oktober – 3 November 2024 di Jakarta.
Sebagai platform kolaboratif, IN2MF mengintegrasikan kegiatan fashion show dan trade show sebagai etalase produk modest fashion (busana santun) Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi, maupun trend terkini.
Dengan menampilkan keunggulan modest fashion Indonesia, IN2MF yang diluncurkan pada Oktober 2022 ditargetkan menjadi rujukan bagi industri modest fashion dunia, bahkan dapat meraih posisi strategis dan menjadi pemain kunci di pasar global.
IN2MF berkomitmen mendorong pelaku industri modest fashion Indonesia untuk menerapkan konsep sustainability dan memanfaatkan sumber daya lokal serta memakai tekstil dan budaya heritage Indonesia, yaitu kain wastra, yang menjadi keunikan sekaligus keunggulan kompetitif produk modest fashion Indonesia dibandingkan produk negara lainnya.
“Sektor modest fashion merupakan bagian penting dari industri halal yang berkembang pesat. IN2MF berfungsi sebagai platform untuk memperkenalkan dan memperkuat identitas budaya serta produk modest fashion Indonesia khususnya pasar global. IN2MF mengusung standard looks yang menutup aurat (syar’i) dan penggunaan wastra. Penggunaan wastra merupakan upaya memperkuat identitas budaya Indonesia, penggunaan bahan yang lebih ramah lingkungan, sekaligus uniqueness dalam branding modest fashion Indonesia di level internasional. Secara keseluruhan, IN2MF merupakan bagian dari strategi yang lebih luas dan komprehensif untuk mendorong inovasi serta kolaborasi di industri modest fashion nasional, memperkuat posisi Indonesia di pasar global, dan mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah nasional,” jelas Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, Bank Indonesia.
IN2MF dihadirkan di kota mode dunia, Paris, untuk memperkenalkan kekayaan tekstil Indonesia dengan kreativitas desain modest fashion yang inovatif dan berkelanjutan, termasuk memperlihatkan perkembangan terkini industri modest fashion dan gaya hidup halal Indonesia ke pasar internasional, khususnya Eropa yang menjadi standar produk fashion berkualitas tinggi dan tujuan buyers internasional dari berbagai negara di Timur Tengah, Afrika, dan Asia.
IN2MF in Paris ditargetkan dapat turut mengakselerasi ekspor produk modest fashion Indonesia, dan menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci dalam industri modest fashion global.
Kegiatan fashion showcase dan exhibition di Salle Wagram, Paris, ditujukan untuk mempromosikan karya anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA) sektor modest fashion yang dikurasi dan dibina oleh Bank Indonesia.
IKRA merupakan program pengembangan usaha syariah secara menyeluruh, termasuk pengembangan kapasitas, penguatan branding, penguatan marketing, dan penyediaan outlet pasar dalam dan luar negeri yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
Jenama yang telah menjadi anggota IKRA dikurasi ulang oleh Bank Indonesia bersama Dewan IKRA untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan produknya sesuai dengan standar pasar internasional.
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Rayakan Ulang Tahun ke-20, FIORI Luncurkan Crop Top, Celana Kulot, dan Hijab Edisi Spesial
KOMENTAR