Jurnal Pejuang Haid Cheysara Airin: Arti Penting Keseimbangan Rohani dan Jasmani dalam Menjaga Siklus Haid yang Teratur

By Layla Ekrep, Senin, 4 Juli 2022 | 18:05 WIB
Jurnal Pejuang Haid Cheysara Airin (Dok. Pribadi Cheysara Airin)

Stylo Indonesia - Hai, Stylovers! Stylo Indonesia kini hadir dengan kanal Jurnal Pejuang Haid yang berisikan cerita pengalaman para sahabat perempuan atau Stylovers mengenai semua masalah terkait menstruasi.

Melingkupi faktor kesehatan dan psikologis serta yang berujung kepada penampilan kulit, Jurnal Pejuang Haid juga akan berbagi tips bagaimana setiap sahabat perempuan atau Stylovers berdamai dengan nyeri haid yang kerap menyerang.

Jurnal Pejuang Haid yang ke-12 datang dari Cheysara Airin yang sempat mengalami siklus haid yang terganggu karena pandemi, memulihkan kembali keseimbangan jasmani dan rohani bisa jadi jawaban penyelsaian. 

Yuk, simak percakapan Stylo Indonesia dengan Cheysara Airin tentang pengalaman seputar haid yang informatif lagi inspiratif, berikut ini!

Apa saja perbedaan gejala atau reaksi tubuh sepanjang siklus haid?

Cheysara: "Menurutku, pembahasan mengenai haid atau menstruasi bukanlah hal yang tabu dan lumrah untuk dibicarakan terutama bagi perempuan yang sudah menginjak masa pubertas atau baligh. Aku sendiri mengalami haid pertama kali di usia 15 tahun, tepatnya saat masa kelas 3 SMP.

Saat menjelang masa haid kondisi tubuh mengalami banyak perubahan, mulai dari pegal-pegal di bagian punggung, pinggang dan pinggul, hingga nyeri di bagian perut juga sering melanda. Hal ini juga membuatku sering mengalami mood swing dan merasa kesal secara tidak terduga.

Biasanya siklus haid yang aku alami berlangsung selama 5-7 hari. 3 hari pertama biasanya gejala yang aku alami yaitu mudah lelah dan lesu. Di hari berikutnya sudah mulai mereda dan bisa beraktivitas seperti biasanya."Baca Juga: Jurnal Pejuang Haid Suresh Vivi Kananda: Pentingnya Bersikap Tenang dan Sabar Saat Nyeri Haid Parah Melanda

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah psikologis seputar siklus haid?

Cheysara: "Saat tamu bulanan datang, aku sering mengalami mood swing dan kondisi hati yang 'gegana' alias gelisah, galau, merana istilah gaulnya. Hal ini tidak berlangsung lama, mungkin sekitar 2 hari sebelum haid dan 2 hari saat haid saja."

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah kesehatan seputar siklus haid?