Seolah Tak Pernah Mati di Berbagai Situasi, Ini Alasan Industri Fashion Berkembang Pesat di Indonesia

By Grace Kencana Pranata, Selasa, 23 Maret 2021 | 14:15 WIB
Seolah Tak Pernah Mati di Berbagai Situasi, Ini Alasan Industri Fashion Berkembang Pesat di Indonesia (freepik.com)

 Stylo Indonesia - Stylovers, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan istilah ‘fashion’, kan?

Fashion merupakan hal yang cukup penting karena berhubungan dengan lifestyle atau gaya hidup.

Siapa sangka, meskipun bagi beberapa kalangan fashion masih dianggap sebuah hal yang eksklusif, tetapi industri fashion terus berkembang dengan cepat, khususnya di Indonesia yang memiliki ragam etnik dan budaya.

Pertumbuhan industri fashion ini pun menjadi dorongan bagi para fashionpreneur (sebutan untuk para pengusaha di bidang fashion) untuk terus berinovasi.

Baca Juga: ESMOD Jakarta Gelar Virtual Fashion Show

Lalu, apa sih yang membuat industri fashion seolah tak pernah mati dan terus berkembang? Berikut alasannya:

  1. Tren selalu berganti

Tren fashion kerap mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh banyak aspek, seperti teknologi, kebiasaan, hingga ekonomi.

Sebagai contoh, jika beberapa tahun belakangan tren fashion banyak didominasi oleh warna-warna terang dengan berbagai corak yang mengesankan gaya edgy, selama pandemi COVID-19 ini, tren fashion lebih mengutamakan kesan simple dengan warna-warna soft, seperti pastel dan earth tone.

Hal inilah yang membuat para fashionpreneur semakin bersemangat menciptakan tren-tren baru untuk pasar fashion.

Baca Juga: Desainer Muda Unjuk Gigi di Creative Show ESMOD dalam Rangkaian Acara Fashion Art Vibes Ke-3

  1. Bisnis fashion cenderung berbiaya rendah

Peluang bisnis fashion di Indonesia sangat menjanjikan, apalagi untuk memulai bisnis fashion dapat dimulai dengan menjadi reseller sehingga tidak membutuhkan modal yang besar dan menyimpan barang yang banyak.

Hal inilah yang juga menjadi munculnya banyak entrepreneur-entrepreneur muda di bidang fashion dan semakin membuat industri fashion bertumbuh subur di Indonesia.

  1. Berkembangnya dunia digital

Munculnya banyak entrepreneur di bidang fashion juga ditunjang dengan berkembangnya dunia digital sehingga banyak perusahaan start-up yang bergerak di bidang fashion dengan mengembangkan e-commerce.

Tentunya kamu sering kan membeli fashion items favoritmu di e-commerce?

Perkembangan industri fashion ini juga dilirik oleh salah satu sekolah fashion di Indonesia, ESMOD Jakarta untuk menghasilkan para calon fashionpreneur sukses di masa depan.

Tak heran, ESMOD Jakarta yang dikenal sebagai pioneer pendidikan fashion di Indonesia, selain menyediakan program Fashion Design tetapi juga Fashion Business dengan program 3 Year International Fashion Business.

Baca Juga: Pendaftaran StyloBebs Batch 2 Virtual Hunt by Stylo Indonesia Telah Dibuka! Are You The Next StyloBebs?

3 Year International Fashion Business (dok. ESMOD Jakarta)

Tanggal 17 Maret 2021 lalu, ESMOD Jakarta mengadakan virtual Open House yang secara khusus membahas mengenai program 3 Year International Fashion Business, dengan mengundang Coordinator Program dan para lecturer.

Baca Juga: Rintis Usaha Clothing Timeless Outfit, Muthia StyloBebs Batch 2 Umumkan Produk Pertamanya!

Menggunakan platform meeting virtual Zoom yang diikuti oleh berbagai SMA di Jabodetabek, program dipaparkan secara detail, dimulai dari penjelasan subyek di tahun pertama hingga final project yang dilakukan di tahun ketiga.

Tidak ketinggalan juga career path yang bisa dipilih setelah selesai menempuh pendidikan, sampai beberapa catatan success story para alumni IFB yang akhirnya mendapat ajakan untuk bermitra dengan sejumlah brand menjadi subject final project-nya.

(dok. ESMOD Jakarta)

Pada program 3 Year International Fashion Business, siswa diperkenalkan dengan bisnis yang berdasarkan ide kreatif, sehingga semua siswa ESMOD Jakarta dapat berinovasi dan berimprovisasi untuk dituangkan ke dalam karya. 

(dok. ESMOD Jakarta)

Pada Open House kali ini, ESMOD Jakarta juga mengumumkan pemenang dari kompetisi HiBizz yang diadakan beberapa waktu lalu.

HiBizz adalah sebuah kompetisi membuat konsep bisnis produk fashion antar SMA,  mulai dari strategi pemasaran hingga cara memperkenalkan brand di segmentasi pasar yang mereka tuju.

(dok. ESMOD Jakarta)

Dari puluhan sekolah yang mendaftar, akhirnya terpilih 3 sekolah yang maju ke babak final dan melewati sesi penjurian oleh para teacher ESMOD Jakarta.

Sejumlah hadiah senilai puluhan juta rupiah dan produk sponsor menjadi reward bagi pemenang, yang berhasil didapatkan SMA Perkumpulan Mandiri (Juara 1), SMA IPEKA Puri sebagai Juara 2, dan SMA IPEKA Tomang sebagai Juara 3.

(dok. ESMOD Jakarta)

 Kompetisi ini pun diadakan oleh ESMOD Jakarta untuk menumbuhkan semangat anak-anak SMA untuk berani berkarya dan berlatih untuk menyiapkan karir yang mereka inginkan di masa depan. Tak hanya HiBizz, ESMOD Jakarta juga mengadakan kompetisi di bidang fashion, yakni FASHION ART VIBES yang rutin digelar setiap tahun.

(dok. ESMOD Jakarta)

Untuk mengetahui informasi lebih dalam tentang apa saja yang ada di ESMOD Jakarta, kunjungi website esmodjakarta.com atau follow Instagram @esmodjakarta. (*)