Stylo.ID - Pandemi Covid-19 memang memiliki dampak yang luar biasa di berbagai industri ya Stylovers.
Nah, tak terkecuali bagi industri kecantikan seperti klinik kecantikan dan tempat Spa.
Seperti yang diketahui, sejumlah klinik kecantikan dan tempat Spa bahkan harus tutup sementara hingga ada yang merumahkan karyawannya.
Namun, walau begitu mereka terus bangkit dan bertahan dengan ide dan kreatifitas untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.
Maka berikut ini kisah mereka dalam #berbagicerita yang tetap bertahan di tengah pandemi covid-19 untuk siap menghadapi era new beauty normal.
Yuk kita simak, Stylovers!
Martha Tilaar Spa
Seperti yang dikatakan oleh Ita Utamiwati sekalu General Manager PT. Cantika Puspa Pesona (Martha Tilaar Group), Martha Tilaar Spa rupanya sudah menerapkan SOP Hygiene dan Sanitasi baru Semenjak 17 Maret 2020 untuk pelayanan di outlet, walaupun sudah mulai terasa penurunan jumlah tamu.
Kemudian, Martha Tilaar Spa akhirnya sempat menutup outletnya yang terdiri 43 outlet Franchise dan 9 Outlet milik sendiri, semenjak 30 Maret 2020.
Nah, untuk outlet Franchise sebagian besar terapis dirumahkan, semenjak outlet tutup. Meski demikian, untuk bertahan di masa pandemi covid-19, Martha Tilaar mengalihkan bisnisnya ke produksi produk.
"Untuk bertahan pada masa pandemi ini, kami beralih dengan menjual produk Healthy Drink Lemongrass dan Ginger, serta Hand Sanitizer produksi Martha Tilaar group," kata Ita Utamiwati kepada Stylo.ID melalui pesan singkat.
Baca Juga: Memasuki Era New Normal, Lihat Wajah Baru Martha Tilaar Shop dengan Tampilan Lebih Modern
"Terapis dari outlet milik kami, kamu ikutkan ke tim produksi Hand sanitizer, dimana saat itu demand sedang tinggi sehingga manufacture memerlukan tambahan tenaga," tambahnya.
Nah, nggak cuma itu lho Stylovers, Martha Tilaar juga membuka layanan home service yang bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.
"Di Bulan Mei, Martha Tilaar Spa juga membuka layanan Home Service, dimana sebelumnya kami melakukan survey kepada member kami, untuk menanyakan tanggapan mereka apakah mereka memerlukan atau merasa aman apabila melakukan perawatan," kata Ita Utamiwati.
Dan sebagian besar sangat memerlukan perawatan walaupun harus dengan protocol ketat dan dilakukan di rumah," ujarnya.
SKINDA Medical Skin Care & Dermatology Center
SKINDA Medical Skin Care & Dermatology Center merupakan salah satu klinik kecantikan yang tetap berjuang di tengah pandemi covid-19. Tak dapat dipungkiri, salah satu klinik kecantikan ternama Indonesia tersebut juga mengalami kerugian.
Namun seperti yang dikatakan oleh Marylin Tanu selaku Direktur Operasional, SKINDA harus tetap beradaptasi agar bisa survive.
"Selama PSBB berlangsung, bisa dibilang besar pasak daripada tiang, sehingga kerugian terjadi bulan demi bulan," kata Marylin Tanu selaku Direktur Operasional kepada Stylo.ID melalui pesan singkat.
"Tapi kita tidak boleh menyerah begitu saja.Secara operasional, agar dapat survive dan tidak terjadi PHK, kami memutuskan untuk menyesuaikan hari dan jam operasional klinik," tambahnya.
Skinda juga terus menjalin kedekatan dengan pasien, seperti memberikan informasi yang mengedukasi serta terus memberikan service yang baik dengan meningkatkan protokol kesehatan demi menjaga kenyamanan pasien saat datang ke klinik.
"Untuk service, kami meningkatkan protokol kesehatan dan mengedukasi semua pasien tentang penting nya menjaga kesehatan di masa pandemi. Kami juga memberikan informasi-informasi terkait pandemi dan cara mencegah penularannya," kata Marylin Tanu.
"Disamping itu, kami juga menginformasikan semua pasien kami bahwa SKINDA selalu memberikan pelayanan terbaik dengan protokol New Normal agar kami dapat menjaga kenyamanan pasien pada saat datang ke SKINDA," tambahnya.
Ella Skin Care
Demi bertahan di tengah pandemi Covid-19, Ella Skin Care terus melakukan pengembangan terhadap produk-produknya, untuk memberikan yang terbaik bagi para pasiennya yang tak bisa melakukan treatment di klinik.
"Untuk bisa tetap survive di masa pandemi ini,kami melakukan pengembangan di produk kami, antara lain kami memproduksi Hand Sanitizer, Home Treatment Produk untuk Customer kami supaya tetap bisa perawatan dirumah saja," kata Dr. Elia Gunawan selaku CEO Ella Skin Care kepada Stylo.ID melalui pesan singkat.
Selama pandemi seperti ini, Ella Skin Care memiliki produk andalan yaitu Daily glowing kit mampu menghilangkan jerawat tanpa harus facial.
"Dan yang paling akhir ini kami meluncurkan Produk Daily Glowing Kit untuk menjawab kegelisahan customer yang tidak bisa facial di masa pandemi ini," ujar Dr. Elia Gunawan.
Nah, kemudian, setelah PSBB mulai dilonggarkan, Ella Skin Care mulai melayani treatment di beberapa cabang klinik, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.
Baca Juga: Tips Melakukan Perawatan Kecantikan yang Aman Menurut Pemilik Salon di Era New Normal
Klinik Estetika dr.Affandi
Klinik Estetika dr. Affandi telah melakukan “Surviving Mode” di tengah pandemi Covid-19.
Adapun adaptasi dan “Surviving Mode “ yang dilakukan adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Meliburkan karyawan selama 14 hari sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dengan isolasi mandiri.
2. Melakukan perubahan jam kerja dengan 1 shift
3. Melakukan WFH bergiliran bagi seluruh karyawan.
4. Kontrol cash flow dengan ketat, misalnya penghematan biaya pengeluaran perusahaan dari sisi operasional, pengaturan ulang pembayaran ke supplier dan sebagainya. Nah, setelah itu para tim marketing juga menjalankan berbagai strategi.
Seperti yang diketahui, Klinik Estetika dr.Affandi telah menyediakan layanan konsultasi online melalui web www.klinikestetika.com ataupun aplikasi Mobile yang bisa di download di Google Play Store dan Apple Store lebih dari 10 tahun.
Baca Juga: Tips Cantik Bermakeup Pakai Jasa MUA yang Aman Menurut Makeup Artist Ternama di Era New Normal
Maka, di masa pandemic Covid-19 ini layanan tersebut mendapatkan momentumnya.
Seperti yang dikatakan oleh tim marketing kepada Stylo.ID, pasien Klinik Estetika dr.Affandi yang tidak bisa keluar rumah tetap bisa melakukan konsultasi secara online dengan dokter di Estetika dr.Affandi.
Tim marketing juga memperkuat layanan beauty-Commerce via Whatsapp dan mobile apps, di mana pasien bisa membeli berbagai jenis produk perawatan Estetika dr.Affandi di beauty-Commerce tersebut.
Kemudia menyusun paket-paket treatment yang mengacu pada Estetika Solutions, bisa menjadi jawaban atas permasalahan kulit pasien.
Paket Estetika Solutions tersebut meliputi: Acne Solutions, Anti-Aging Solutions, Hyperpigmentation Solutions, Scar Solutions, Brightening Solutions, Teen Skin Problem Solutions for Gen Z, dan Hair Solutions.
Menghadirkan promo “Pay Now and Treatment Later", yaitu pasien dapat membeli treatment untuk digunakan kapan saja dalam jangka 1 tahun promo treatament yang dapat di gunakan dengan jangka waktu yang lama ( setahun).
Baca Juga: Tips Aman Berbelanja Produk Kecantikan di Masa New Normal Menurut Manager Brand Kecantikan Ternama
Memberikan promosi untuk pembelian produk dengan free merchandise jjuga menjadi salah satu strategi di tengah pandemi coivid-19.
Selanjutnya meluncurkan produk terbaru, yakni Estetika Treatment Card, di mana pada treatment card ini terdapat beberapa pilihan treatment yang bisa dipilih secara bebas oleh pasien. Selain itu, harga treatment – treatment yang ada pada Estetika Treatment Card sudah diberikan diskon up to 50%.
Nah, nggak cuma itu lho Stylovers, Klinik Estetika dr. Affandi juga selalu mengadakan program Skin Talk secara rutin setiap hari Jum’at , di mana di dalamnya dibahas berbagai materi yang berkaitan dengan New Normal. Bahwa kulit perlu untuk dirawat, dan klinik Estetika dr.Affandi siap melayani dengan penerapan protocol tetap covid 19, baik dari sisi klinik maupun dari karyawan klinik itu sendiri. (*)