Sah! Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Umumkan Jadwal Pembukaan Sekolah yang Diatur Secara Ketat

By Stylo Indonesia, Selasa, 16 Juni 2020 | 15:15 WIB
Sah! Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Umumkan Jadwal Pembukaan Sekolah yang Diatur Secara Ketat (Kompas.com)

Stylo.ID - Karena virus corona yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat pemerintah mengatur kebijakan untuk melakukan aktivitas di rumah aja.

Termasuk proses belajar mengajar yang terpaksa dilakukan secara online di rumah.

3 bulan sudah para siswa melakukan sekolah online, belum lama ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) umumkan soal pembukaan sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud Nadiem Makarim akhirnya angkat suara soal kapan sekolah dibuka.

Nadiem Makarim menegaskan, daerah Zona Hijau dari Virus Corona atau covid-19 diperkenankan melaksanakan lagi Kegiatan Belajar Mengajar secara tatap muka.

Meski demikian, ada beberapa syarat yang dikemukakan Nadiem Makarim yang wajib diketahui orangtua.

Baca Juga: CantIknya Istri Menteri Nadiem Makarim, Franka Franklin Pakai Kebaya Hadiri Pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2019

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim telah mengeluarkan panduan penyelenggaraan tahun ajaran baru di tengah pandemi covid-19.

Nadiem menyebut penyelenggaraan pembelajaran khususnya dengan cara tatap muka akan dilakukan secara bertahap dan diatur secara ketat.

"Pertama adalah dalam situasi covid-19 yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan murid, guru dan keluagranya."

"Pembukaan sekolah ini dilakukan dengan cara paling konservatif yang bis akita lakukan. Artinya ini merupakan cara terpelan untuk membuka sekolah, sehingga kemanan bisa diprioritaskan," ujarnya dikutip dari channel YouTube Kemdikbud RI, Senin (15/6/2020).

Ia mengakui dengan diterapkannya pembelajaran di rumah ada sejumlah hal yang dikorbankan, termasuk kualitas pembelajaran itu sendiri.