Srikandi untuk Negeri, Nathasia Elsa Harumkan Tanah Air Melalui Hairess Home®

By Grace Kencana Pranata, Kamis, 11 Januari 2024 | 10:35 WIB
Nathasia Elsa pemilik brand pewangi ruangan lokal Hairess Home (dokumentasi pribadi)

Stylo Indonesia - Berbicara soal kenyamanan, biasanya salah satu faktor penentunya yaitu berasal dari wewangian.

Yap, saat ini tren pewangi ruangan dengan karakter tertentu semakin menarik hati masyarakat.

Seperti HAIRESS HOME®, yang merupakan salah satu brand pewangi ruangan lokal yang sedang hits di kalangan milenial dan gen-z.

Pemilik HAIRESS HOME®, Nathasia Elsa, membagikan kisah bisnisnya yang sudah berkecimpung di industri essential oils selama 8 tahun dan akhirnya membangun HAIRESS HOME® di 2018.

Nathasia Elsa dibesarkan dari keluarga pebisnis yang mengutamakan disiplin dan juga kerja keras untuk mencapai sesuatu.

Karena itu, Nathasia sedari kecil sudah diajarkan untuk berjualan dan mengatur keuangan demi bisa membeli barang-barang yang diinginkan.

Nathasia juga memiliki latar belakang pendidikan double degrees di Kanada, dengan gelar Bachelor of Business Administration in Entrepreneurial Leadership & Bachelor of Design in Fashion Marketing di tahun 2013.

Di sana, Nathasia juga sempat terjun ke berbagai industri untuk mendapatkan pengalaman kerja sebagai konsultan bisnis dan marketing, serta membangun bisnis sendiri setelah lulus.

Di tahun 2015, Nathasia kembali ke Indonesia dan membangun brand HAIRESS yang menjual produk perawatan rambut menggunakan 100% essential oil.

Sembari membangun bisnis pertamanya, Nathasia yang memang memiliki kecintaan pada wewangian, menemukan peluang bisnis yang menjanjikan dan melihat kelimpahan sumber daya di Indonesia yang bisa dijadikan bahan baku pewangi ruangan, dengan tujuan membawa nama Indonesia ke pasar ekspor.

Melihat hanya ada sedikit merek pewangi ruangan lokal Indonesia yang mewah dengan harga yang tinggi, Nathasia mulai merencanakan brand HAIRESS HOME® yang nantinya bisa dinikmati semua kalangan.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Merri Aisir Berdayakan Perempuan Payakumbuh Lewat Rendang yang Dijual Online

Nathasia Elsa pemilik brand pewangi ruangan lokal Hairess Home (dokumentasi pribadi)

HAIRESS HOME® dibangun pada tahun 2018, berfokus pada pewangi ruangan yang menggunakan 100% essential oil dengan harga yang terjangkau.

Setiap produk yang dimiliki memiliki keunikan dan cerita khasnya sendiri, menggabungkan pengalaman dan memori hidup yang dimiliki Nathasia hingga bisa menciptakan wangi yang mewah, unik, dan berkelas.

Dalam proses pembuatannya juga tidak mudah, menggabungkan campuran 8-9 essential oil murni untuk menghasilkan wangi yang sesuai dengan masyarakat Indonesia.

Nathasia telah melewati proses trial & error yang menguras waktu dan energi di setiap pembuatan produk barunya.

Untuk memastikan brand dan produknya sesuai dengan standar, Nathasia juga tidak lupa untuk uji IFRA, dan juga mendaftarkan hak paten HAIRESS HOME® di HAKI.

Tidak hanya memperhatikan kualitas dari produknya, Nathasia juga memastikan setiap produk selalu memiliki unsur artistik di bagian kemasannya.

Berbagai tantangan juga sudah dilalui dalam prosesnya mengelola brand yang berusia lima tahun ini.

Di awal mula HAIRESS HOME® berdiri, Nathasia yang merupakan seorang new mom dan seorang yang cukup perfeksionis, mengatur semua proses di bidang marketing dan produksi.

Tentu proses membangun brand baru memakan waktu dan energi yang banyak, dengan tenaga kerja yang minim.

Hal ini sangat mempengaruhi manajemen waktu Nathasia yang akhirnya melewatkan berbagai momen berharga bersama anaknya.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Denica Riadini-Flesch Berdayakan Perempuan dan Pulihkan Bumi Lewat Sustainable Fashion SukkhaCitta

Hairess Home Archipelago (gracethani gita)
Tantangan lainnya adalah ketika pandemi melanda, sehingga semua koordinasi tim harus dilakukan secara daring.

Namun, seiring berjalannya waktu, Nathasia mulai terbiasa dengan hal ini.

Hingga saat ini, kebanyakan kegiatan di bisnis ini dilakukan secara daring dari pukul 10 pagi - 6 sore untuk efisiensi dan work-life balance.

Tidak hanya itu, pastinya ada tantangan di dalam pembentukan tim yang harus memiliki visi dan misi yang sama.

Setelah melalui berbagai tantangan dan proses dalam mengembangkan HAIRESS HOME®, Nathasia ingin membagikan pesan untuk para pemilik bisnis lokal untuk tetap berkreasi outside the box, buat produk yang baru dan unik.

Penting juga untuk pemilik usaha mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang bisa memberikan nilai tambah untuk bisnisnya, agar bisa bertahan lama.

Selain itu, Nathasia berpesan untuk selalu fokus pada kualitas dan nilai dari produk yang dijual, sambil terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

(*)