Lengkap dan Canggih, e-Commerce Jadi Andalan Mencari Produk di Asia Tenggara

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 2 September 2022 | 14:20 WIB
Laporan Lazada Temukan e-Commerce Jadi Andalan Mencari Produk di Asia Tenggara (Dok. Lazada)

Stylo Indonesia - Lazada merilis laporan thought leadership, Lazada Sponsored Solutions (LSS), “Transforming Southeast Asia: From Discovery to Delivery” di awal bulan September 2022 ini.

Laporan ini dirilis pada LazMall Brands Future Forum (BFF) 2022 yang diadakan di Resorts World Sentosa (1/9/22).

Selama 2019 hingga 2021, industri e-commerce di Asia Tenggara berkembang pesat dengan pemakaian yang semakin masif selama pandemi.

Bahkan ketika masyarakat sudah menjalani new normal setelah pandemi, survei Lazada menemukan bahwa 8 dari 10 konsumen tetap terus berbelanja online karena lebih mudah dan nyaman.

LazMall juga melihat adanya lonjakan pembeli yang tak terduga dan terus bergerak maju.

Wah, mungkin Stylovers juga menjadi salah satu yang lebih sering berbelanja lewat e-commerce sejak pandemi hingga sekarang, nih?

Brigitte Daubry, Chief Customer Officer Lazada Group menyampaikan bahwa e-commerce perlu memberikan nilai lebih dan pengalaman belanja yang berbeda dari toko offline untuk pembeli.

Survei Lazada menemukan bahwa kesetiaan pembeli terhadap e-commerce kemungkinan besar terjadi karena pilihan produk yang lebih banyak, harga yang kompetitif, kenyamanan dan pilihan yang bervariasi, hingga pengalaman belanja yang sangat dipersonalisasi.

Misalnya saja, laporan LSS menunjukkan bahwa 94% pembeli menggunakan fitur pencarian untuk menemukan produk di Lazada, dan 94% benar-benar membeli produk yang mereka temukan melalui fitur pencarian itu.

Selain itu, 71% pembeli juga membeli produk dari hasil fitur ‘Rekomendasi’ Lazada yang disesuaikan bagi pengguna.

Teknologi canggih Lazada yang didukung oleh infrastruktur cloud Alibaba, adalah pendorong di balik berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam menemukan produk yang tepat ini.

Baca Juga: Rayakan Hari Kemerdekaan Pakai Produk Lokal dengan 3 Tips dari Lazada

Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group menjelaskan bagaimana kecerdasan data perusahaan dapat membantu brand dan penjual menemukan pembeli dengan lebih akurat.

Hal ini semakin diperkuat dengan penggunaan augmented reality (AR) yang meningkatkan pengalaman berbelanja secara online bagi pembeli.

Contohnya seperti teknologi AR Lazada yang memungkinkan pengguna untuk mencoba produk kecantikan secara real-time dengan hasil yang nyata.

Virtual Try On (VTO) memungkinkan konsumen untuk memilih dan mencoba produk seperti eyeshadow, eyeliner, foundation, dan blush dari manapun mereka berada.

Stylovers sudah pernah coba fitur VTO ini saat berbelanja produk makeup di e-commerce atau belum nih?

Diadakan untuk ketiga kalinya, LazMall Brands Future Forum (BFF) adalah acara perdagangan yang menyatukan para pemimpin industri di kawasan Asia Tenggara dan juga mitra Lazada.

Pada kesempatan tersebut mereka dapat bertukar ide dan inovasi sehingga brand dan penjual dapat berkembang dan menawarkan pengalaman ritel yang berbeda di Asia Tenggara.

Acara ini menampilkan presentasi dari para eksekutif Lazada, diskusi panel dengan merek-merek ternama LazMall, serta booth interaktif yang menampilkan beberapa teknologi pengalaman berbelanja di Lazada.

Dengan perkembangan pengguna e-commerce yang diperkirakan akan mencapai 413 juta pengguna pada tahun 2025, Lazada menemukan 57% pembeli di Asia Tenggara kini mencari produk langsung di e-commerce.

Yup, tak lagi di mesin pencari, kini e-commerce menjadi pilihan utama dalam menemukan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk merayakan kemitraan dan pertumbuhan LazMall bersama mitra merek, diresmikan juga para pemenang BFF 2022 Awards di acara hybrid.

Baca Juga: Lazada Hadirkan Penawaran Menarik untuk Produk Kecantikan, Gaming, dan Alat Memasak

Penghargaan tahunan ini berfungsi untuk mengakui dan menghormati merek global dan Asia Tenggara dengan kinerja terbaik dan inovatif di LazMall. (*)

Baca Juga: Luncurkan Konsep Tambah ke Troli, Tambah ke Hidupmu, Lazada Dukung Passion Generasi Muda di Bidang Kecantikan, Gaming, dan Masak