Jurnal Pejuang Haid Isnani Nafiah: Konsumsi Jamu Kunyit Asam dan Manajemen Stres untuk Atasi Haid yang Tidak Datang Selama 2 Bulan

By Layla Ekrep, Jumat, 22 Juli 2022 | 12:17 WIB
Jurnal Pejuang Haid Isnani Nafiah (Dok. Pribadi Isnani Nafiah)

 

Stylo Indonesia - Hai, Stylovers! Stylo Indonesia kini hadir dengan kanal Jurnal Pejuang Haid yang berisikan cerita pengalaman para sahabat perempuan atau Stylovers mengenai semua masalah terkait menstruasi.

Melingkupi faktor kesehatan dan psikologis serta yang berujung kepada penampilan kulit, Jurnal Pejuang Haid juga akan berbagi tips bagaimana setiap sahabat perempuan atau Stylovers berdamai dengan nyeri haid yang kerap menyerang.

Jurnal Pejuang Haid yang ke-13 datang dari Isnani Nafiah yang pernah mengalami siklus haid bermasalah; haid tidak datang hingga 2 bulan. 

Yuk, simak percakapan Stylo Indonesia dengan Isnani Nafiah tentang pengalaman seputar haid yang informatif lagi inspiratif, berikut ini!

Apa saja perbedaan gejala atau reaksi tubuh sepanjang siklus haid?

Isnani: "Mendekati masa haid biasanya gejala yang terasa berupa nyeri pada payudara diiringi sensitif terhadap rasa sakit saat dibawa beraktivitas dengan gerak yang banyak. Saat haid perut terasa nyeri seperti gejala yang umum dirasakan. Lalu saat haid berhenti, semuanya menjadi normal kembali."

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah psikologis seputar siklus haid?

Isnani: "Biasanya lebih mudah merasa kesal dan sulit menahan emosi yang tiba-tiba meluap tanpa sebab; apalagi jika ada hal yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan."

Baca Juga: Jurnal Pejuang Haid Ishmah Nabila: Haid Bukanlah Hal Tabu, Pendidikan Mengenai Haid Sangatlah Penting Sedari Dini

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah kesehatan seputar siklus haid?

Isnani: "Aku pernah mengalami rasa nyeri perut yang tidak tertahan dan gejala badan terasa panas dingin (meriang) saat hari pertama haid."