Mencoba Sensasi Minum Madu Langsung dari Sarang Lebah Trigona di Wisata Bukit Batu Begalang Belitung Timur

By Ristiani Theresa, Jumat, 1 Juli 2022 | 16:31 WIB
Pengalaman Sedot Madu Teran langsung dari sarangnya di Wisata Bukit Batu Begalang, Belitung Timur (Clara Ristiani, Grid.ID)

Stylo Indonesia - Wisata Bukit Batu Begalang terletak di Desa Kelubi Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Hamparan batu granit, pepohonan yang menjulang tinggi dan panorama indah di area perbukitan menjadi spot foto menarik para wisatawan atau pengunjung Wisata Bukit Batu Begalang.

Selain menikmati pemandangan yang indah, mencoba pengalaman Sedot Madu Teran di Wisata Bukit Batu Begalang juga bisa menjadi pilihan.

Nah, seperti yang diketahui madu teran dihasilkan oleh lebah kecil berwarna hitam yang dikenal sebagai lebah trigona.

Rio Fahrozi Ketua Unit Usaha Madu Teran Club Bee's, Batu Begalang, Belitung Timur (Clara Ristiani, Grid.ID)

Lebah trigona termasuk dalam hewan liar yang menyimpan madu mereka dalam struktur hitam dan coklat kecil melintang secara horizontal yang ditutupi dengan propolis.

Rio Fahrozi Ketua Unit Usaha Madu Teran Club Bee's mengungkapkan jika budidaya madu teran di Wisata Bukit Batu Begalang ini berada di lahan seluas 60 meter, dengan jumlah sarang lebah sebanyak 20 box.

Nah, bagi wisatawan yang berkunjung dapat mencoba pengalaman sedot madu teran langsung dari sarangnya hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu rupiah sepuasnya.

Pengalaman Sedot Madu Teran langsung dari sarangnya di Wisata Bukit Batu Begalang, Belitung Timur (Clara Ristiani, Grid.ID)

Menggunakan sedotan purun untuk melubangi propolis yang sudah tertutup sempurna, lalu hisap secara perlahan untuk mendapatkan madu teran yang siap konsumsi walau terkadang masih memiliki kadar air tinggi.

Madu teran dari lebah trigona di kawasan wisata Bukit Batu Begalang ini memilik rasa yang unik dan berbeda dari madu lain.

Hal itu disebapkan dari tanaman herbal dan sari bunga yang dikonsumsi oleh lebah trigona di kawasan Bukit Batu Benggalang.