Stylo Indonesia - Stylovers, sudah tahu belum apa saja hal yang penting dilakukan saat terima paket belanja online?
Mungkin masih banyak nih Stylovers yang berlum menyadari hal yang penting dilakukan saat terima paket belanja online ini.
Ternyata ada sejumlah hal yang penting dilakukan saat terima paket belanja online lho, Stylovers.
Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia pada tanggal 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.
Yuk, simak apa saja hal yang penting dilakukan saat terima paket belanja online berikut ini!
#1. Jangan Buru-buru Pencet ‘Selesaikan Pesanan’
Sebelum mengkonfirmasi bahwa pesanan sudah selesai, Stylovers perlu terlebih dahulu memastikan barang yang diterima sudah sesuai dengan pesanan.
Sebab, kalau sudah tekan ‘Selesaikan Pesanan’, otomatis dana akan langsung diteruskan ke penjual.
Kalau ada kesalahan dalam barang yang dikirim, jadi lebih ribet, deh!
Hal ini disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia.
“Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas Ekhel.
#2. Segera Cek Barang
Sambil membuka paket, jangan lupa ambil foto atau rekam video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.
Bukti foto dan video ini penting banget dan akan sangat dibutuhkan untuk mengajukan komplain apabila ada kesalahan pada barang yang dikirim.
Apabila barang yang Stylovers terima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan foto atau video tadi sebagai bukti yang diperlukan.
Jangan khawatir, karena dana hanya akan diteruskan ke penjual jika barang yang diterima sudah sesuai dengan pesanan, kok.
#3. Perhatikan Batas Waktu Komplain
Nah, kedua poin sebelumnya perlu Stylovers lakukan segera setelah menerima paket.
Baca Juga: Tips Membedakan Tas Branded Asli dengan yang Palsu, Jangan Sampai Ketipu Saat Belanja Online!
Sebab, apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli hanya dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan atau diterima.
Biar enggak ribet mengurusnya dan bisa segera mendapatkan solusinya, jangan sampai lewat dari batas waktu 2x24 jam itu, ya!
“Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” imbuh Ekhel.
#4. Cek Ongkos Kirim Akhir
Apabila Stylovers mengalami kendala yaitu biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka Stylovers bisa mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual, lho.
Stylovers hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda, lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.
#5. Jangan Lupa Kasih Review
Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko.
Jadi jangan lewatkan memberikan review setelah menerima pesanan ya, Stylovers!
Jika ulasannya baik, pastinya akan membuat penjual juga senang membacanya dan lebih semangat memberikan pelayanan terbaik pada pembelinya.
“Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” jelas Ekhel.
Nah, itu dia Stylovers hal yang penting dilakukan saat terima paket belanja online. Hari ini mau check out belanjaan apa, nih? (*)
Baca Juga: Tips Belanja Online Ala Abel Cantika, Jangan Sampai Enggak Muat!