Dukung UMKM, Tokopedia Bersama Dekranas Hadirkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat

By Annisa Suminar, Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Dukung UMKM, Tokopedia Bersama Dekranas Hadirkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat (Dok Tokopedia)

Stylo Indonesia - UMKM fashion di Indonesia kini semakin berkembang pesat dan mneghadirkan produk yang menarik.

Tak kalah dengan brand luar, UMKM fashion lokal ini juga menghadirkan produk yang bisa membuat tampilan semakin modis.

Salah satu mendorong pertumbuhan UMKM ekonomi adalah dengan membeli produk UMKM lokal baik dari segi fashion maupun yang lainnya.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, 3 Kategori Barang Ini Paling Diburu di Tokopedia!

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat (Dekranasda Jabar) meluncurkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat.

"Festival ini adalah turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Kami berharap produk lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat dan UMKM - termasuk yang bergerak di industri fesyen - bisa meraja di negeri sendiri,” ungkap Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Berdasarkan data internal Tokopedia, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang mengalami peningkatan pesat dari sisi jumlah penjual.

Di sisi lain, terjadi peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat di Jawa Barat selama kuartal III 2021 dibanding kuartal III 2020.

“Kategori Fashion adalah salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021 di Jawa Barat. Animo tinggi dari masyarakat inilah yang melatarbelakangi kehadiran Festival Fashion Lokal Jawa Barat,” jelas Aldhy.

Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya turut mengapresiasi Tokopedia yang telah meberikan panggung bagi UMKM fashion lokal Jawa Barat.

"Lewat festival ini, produk fesyen buatan UMKM Jabar bisa dengan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada.” jelas Atalia Praratya.

Baca Juga: Batik Kultur by Dea Valencia Bersama Tokopedia Luncurkan Kampanye Cerita di Balik Jahitan

Dukung UMKM, Tokopedia Bersama Dekranas Hadirkan Festival Fashion Lokal Jawa Barat (Dok Tokopedia)

Festival Fashion Lokal Jawa Barat diikuti oleh banyak UMKM Jabar, termasuk Nayara, Ame Raincoat dan Gonegani.

Hingga 28 Oktober 2021, masyarakat bisa mendapat produk fesyen terkurasi buatan UMKM Jabar dengan beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, flash sale dan lain-lain.

Nayara merupakanUMKM fasion lokal perempuan yang berawal dari penjualan offline, mulai dari ritel hingga pameran.

Menurut Nayara, selama pandemi omzet penjualan cukup menurun drastis. Namun Tokopedia membantu Nayara dalam mempertahankan produknya tetap terjual.

Sedangkan Ame Raincoat merupakan UMKM fashion yang menciptakan jas hijab pakai bahan 100% lokal, yakni bahan polyester terbaik.

Walau sempat mengalami penurunan penjualan di awal pandemi, keadaan ini justru memotivasi Mirza dan Bimo untuk berinovasi dari segi produk, contohnya membuat masker kain. “Terus berinovasi dan memaksimalkan pemanfaatan platform digital Tokopedia membuat penjualan Ame Raincoat meningkat hingga 2x lipat,” kata Bimo.

Baca Juga: Brand Fashion Lokal SVH Luncurkan Koleksi Busana dengan Elemen Nature

Gonegani, Usaha Fesyen Muslim Lokal Bermodal Minim Raih Omzet Ratusan Juta - Berawal dari mencari cara untuk hidup mandiri selama kuliah, Khairul Gani memberanikan diri berjualan baju siap pakai. Dengan modal Rp1 juta, ia kemudian membuat produk fesyen muslim rancangan sendiri yang diberi nama Gonegani pada 2016.

“Lewat Tokopedia, kini omzet kami bisa mencapai ratusan juta per bulan. Nama Gonegani bahkan dikenal dari Aceh hingga Papua,” tutup Khairul. (*)