5 Tips Pulihkan Kerusakan Paru-paru Bagi Penyintas Covid-19, Lakukan Sebelum Rusak Permanen!

By Astria Putri Nurmaya, Minggu, 25 Juli 2021 | 15:30 WIB
5 Tips Pulihkan Kerusakan Paru-paru Bagi Penyintas Covid-19, Lakukan Sebelum Rusak Permanen! (freepik.com)

Stylo Indonesia - Ternyata ada beberapa tips pulihkan kerusakan paru-paru bagi penyintas Covid-19 lho, Stylovers.

Sebelum kerusakan paru-paru menjadi permanen, tips pulihkan kerusakan paru-paru bagi penyintas Covid-19 patut kamu coba.

Tips pulihkan kerusakan paru-paru bagi penyintas Covid-19 ini direkomendasikan oleh para pakar medis yang tergabung dalam British Lung Foundation.

Sudah banyak studi dan peristiwa yang membuktikan, pada pasien terinfeksi Covid-19, sering terjadi peradangan paru-paru dan kegagalan pernapasan yang dipicu oleh respon imun yang berlebihan yang dikenal sebagai badai sitokin.

Baca Juga: Bikin Khawatir, Bola Mata Pasien Covid-19 Harus Diangkat Jika Terinfeksi Jamur Hitam India yang Sudah Masuk Indonesia

Seorang pasien dengan kerusakan paru-paru dapat mengalami gejala seperti sesak napas, batuk, nyeri dada, kelelahan, kelelahan dan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang biasa, dan penurunan kapasitas latihan.

Pemulihan dari kerusakan paru-paru jenis ini bisa memakan waktu beberapa minggu hingga bulan, bahkan bertahun-tahun pada beberapa pasien.

Dalam kasus fibrosis (terjadi kerusakan paru-paru), kerusakannya bisa permanen.

Lantas, bagaimana pasien Covid-19 dapat melindungi paru-parunya dari kerusakan permanen dan pulih ke kondisi sebelum terserang Covid-19?