Pakai Dua Masker Ternyata Efektif Cegah Penyakit Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

By Grace Kencana Pranata, Rabu, 9 Juni 2021 | 15:30 WIB
Masker medis ()

Stylo Indonesia - Meledaknya kasus Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia membuat kita harus semakin sadar dan peduli untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu protokol kesehatan yang digalakkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah menggunakan masker ketika hendak berpergian dan dirasa kurang sehat.

Nah Stylovers, dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, belum lama ini sejumlah peneliti di Fakultas Kedokteran University of North Carolina, Amerika Serikat, baru saja mempublikasikan studi tentang manfaat penggunaan masker dobel atau masker ganda yang dinilai efektif cegah Covid-19.

Baca Juga: Mitosnya Bikin Perut Semakin Sakit, 3 Makanan Ini Perlu Dihindari saat Menstruasi?

Emily Sickbert-Bennett selaku penulis utama jurnal ini mengungkapkan pemakaian dua masker tidak hanya tentang menambah lapisan kain, tetapi juga menghilangkan celah atau area masker yang tidak pas.

Studi ini telah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine, pada Jumat (16/4/2021) lalu.

"Kami telah menemukan bahwa jika salah satu masker dipasang longgar tidak akan memberi manfaat filtrasi, tapi dua masker akan pas dan bisa (memfiltrasi)," jelas profesor penyakit menular di sekolah kedokteran ini, seperti dikutip dari CNN, Senin (19/4/2021).

Baca Juga: Luna Maya Mendadak Naik Pitam Saat Ditawar Penuhi Nafsu Pengusaha Hidung Belang Rp200 Juta Perhari: Sorry Gue Enggak Jualan!

"Masker dobel terbaik adalah saat Anda dan orang yang berinteraksi dengan Anda masing-masing mengenakan masker yang sangat pas (tidak longgar)," jelas Sickbert-Bennett.

Stylovers, dari hasil Studi ini juga dijelaskan mengenai cara pakai masker dobel dengan tepat agar dapat memaksimalkan pencegahan terhadap potensi penularan Covid-19.