Apa Itu Cruise Collection? Yuk, Kenali Salah Satu Koleksi Busana Paling Penting Sepanjang Tahun!

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 13 November 2020 | 14:20 WIB
Apa Itu Cruise Collection? Yuk, Kenali Salah Satu Koleksi Busana Paling Penting Sepanjang Tahun! (asiatatler.com)

Stylo Indonesia - Stylovers mungkin sudah tak asing dengan sebutan koleksi busana musim semi, musim panas, musim gugur, hingga musim dingin yang kerap diluncurkan oleh para desainer ternama.

Namun selain koleksi utama yang dikeluarkan setiap musim, masih ada beberapa koleksi kapsul lainnya yang diluncurkan sepanjang tahun.

Salah satunya adalah cruise collection, yang pertunjukannya tak kalah disorot.

Nah, kali ini kita akan mencari tahu apa itu cruise collection dan mengapa koleksi ini tak kalah penting dibanding koleksi busana lainnya.

Dilansir dari thenationalnews.com, ini dia penjelasan mengenai apa itu cruise collection!

Cruise collection adalah koleksi busana mini di pertengahan musim, yang pada dasarnya dirancang untuk kelas atas yang menghabiskan musim dingin di atas kapal pesiar.

Baca Juga: Si.Se.Sa Hadirkan Cruise Collection Pertama Bertajuk The Great Escape, Busana Syar'i yang Cocok untuk Travelling!

Setidaknya begitulah semuanya dimulai, ketika pada tahun 1919, Gabrielle Chanel menyadari bahwa kliennya yang berasal dari kelas atas pergi liburan pertengahan musim dingin di Mediterania dan membutuhkan koleksi pakaian baru untuk perjalanan mereka.

Chanel mengumpulkan koleksi pakaian ringan dan mudah dipakai yang cocok untuk perjalanan dengan kapal pesiar, itulah bagaimana cruise collection pertama di dunia muncul.

“Cruise collection benar-benar dimulai sebagai koleksi pakaian kapsul kecil untuk liburan bergaya di kapal pesiar atau resor di suatu tempat yang hangat dan cerah,” ujar Sass Brown, dekan pendiri Dubai Institute of Design and Innovation.

"Koleksi ini ditujukan untuk konsumen kelas atas yang mampu melakukan pelayaran di luar periode liburan musim panas yang biasa."

Seratus tahun kemudian, dunia adalah tempat yang sangat berbeda, dengan pasar mode yang ramai, belanja online dan generasi baru konsumen yang terinformasi, tidak sabar dan menuntut.