Tren Belanja Online 2021: Tak Bisa Coba Sampel di Toko, Pelanggan Tetap Bisa Merasakan Pengalaman Pakai Makeup dan Skincare

By Grace Kencana Pranata, Senin, 9 November 2020 | 16:42 WIB
Tren Belanja Online 2021: Tak Bisa Coba Sampel di Toko, Pelanggan Tetap Bisa Merasakan Pengalaman Pakai Makeup dan Skincare (freepik.com/senivpetro)

Stylo Indonesia - Menjelang pergantian tahun, tren belanja online 2021 akan mengalami banyak penyesuaian.

Akan ada tantangan yang akan dihadapi di tren belanja online 2021, salah satunya yaitu semakin terbatasnya pelanggan untuk mencoba produk sampel di toko untuk mencegah persebaran virus corona.

Hal ini membuat tren belanja online 2021 dengan belanja di toko offline tidak jauh berbeda dari segi pengalaman pelanggan yang tidak bisa menyentuh barang dan hanya bisa melihat dan membaca bahan produk tersebut.

Baca Juga: 4 Hal yang Mampu Menyebabkan Perempuan Terlambat Menstruasi!

Berkaitan dengan tantangan tren belanja online 2021, kali ini Cece Stylo telah mewawancarai Gianina Bella dari Category Manager Beauty Lazada Indonesia untuk mengetahui seperti apa penjelasannya dari segi pihak market place.

Gianina Bella selaku Category Manager Beauty Lazada Indonesia (Luthfir Rahman)

"Untuk tantangannya di tahun 2021 kategori beauty mengenai tren belanja online akan sama dengan fashion, karena kita tidak bisa cobain di toko misalnya warna lipstik atau skincare yang cocok atau enggak. Maka dari itu, kita ada beberapa terobosan, yang pertama itu adalah LazLive," tutur Gianina yang menerangkan latar belakang tantangan tren belanja online 2021.

Baca Juga: Cuma Pakai Bahan Alami Murah Ini, Kulit Bisa Langsung Cerah dalam Semalam! Coba deh Rahasianya

LazLive digelar secara live streaming dalam bentuk regime skincare dan makeup tutorial dari segi kategori beauty yang bisa disaksikan oleh pelanggan Lazada Indonesia melalui aplikasi resminya.

Menurut Gianina, dari acara LazLive, para pelanggan Lazada bisa mengetahui skincare yang baik untuk jenis kulit tertentu seperti apa, cocok atau tidak skincare tersebut untuk jenis kulit tertentu.

Baca Juga: Tren Belanja Online 2021: Hand Sanitizer Tetap Jadi Produk Wajib yang Dibeli Pelanggan

"Untuk makeup juga, karena kan kita di Indonesia punya banyak sekali shade of skintone. Jadi di makeup tutorial itu yang jadi pembicaranya adalah KOL atau Beauty Influencer, jadi mereka sudah expert di bidang ini, mereka bisa kasih suggestion untuk pelanggan Lazada," ungkap Gianina mengenai tipe acara LazLive untuk dunia makeup bagi para Beauty Enthusiast.

Baca Juga: Tren Belanja Online 2021: Lipstik dan Masker Wajah Jadi Produk Favorit Beauty Enthusiast

Tak hanya LazLive, Ginanina mengatakan bahwa ada juga fasilitas Premium Beauty Club yang dibuat Lazada.

"Kedua kita akan ada Premium Beauty Club, Premium Beauty Club ini adalah membership yang bisa didaftarkan oleh pelanggan Lazada. Para pelanggan yang sudah daftar bisa dapat sampel gratis dari premium beauty brand karena tentu premium beauty brand relatif mahal jadi kita bisa coba dulu 1 sampel atau small size, apakah kita cocok atau tidak, warnanya bagus atau enggak. Jadi itu terobosan yang kita lakukan di Lazada," pungkas Gianina saat menutup sesi wawancara mengenai topik tantangan yang akan terjadi di tren belanja online 2021. (*)