Stylo Indonesia - Sebagai pecinta skincare, Stylovers tahu gak nih apa brand skincare yang tertua di dunia?
Selain menjadi salah satu brand skincare tertua di dunia, perusahaan kosmetik ini juga masih beroperasi hingga sekarang, lho!
Bahkan begitu populer dan mungkin Stylovers juga sudah pernah mencoba salah satu produk dari mereka.
Nah, kira-kira Stylovers sudah bisa menebak belum nih, apa brand skincare tertua di dunia ini?
Dilansir dari Nuvo Magazine, inilah salah satu brand skincare tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini, yaitu Shiseido.
Arinobu Fukuhara, pendiri Shiseido, membuka Apotek Shiseido di distrik Ginza yang modis di Tokyo pada tahun 1872, sebagai apotek bergaya Barat pertama di Jepang.
Fukuhara memiliki latar belakang pendidikan pengobatan Barat dan pernah menjadi kepala apoteker di angkatan laut Jepang.
Sebagai seorang ilmuwan, ia tidak puas dengan kualitas pengobatan Jepang, dan mendirikan Shiseido dengan tujuan meningkatkan praktik medis dan apotek.
Baca Juga: 4 Brand Skincare Korea Bersertifikat Halal yang Bisa Kalian Coba!
Saat Shiseido memperkenalkan pasta gigi pertama di Jepang, yang jauh lebih halus daripada garam dan bubuk batu kapur yang sebelumnya digunakan orang untuk membersihkan dan merusak gigi mereka, produk tersebut langsung menjadi hit.
Pasta gigi pertama Shiseido ini dirancang secara ilmiah untuk melarutkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut.
Shiseido beralih dari produk berbasis farmasi ke kosmetik pada tahun 1897 dengan diperkenalkannya Eudermine, lotion pelembut untuk melembapkan kulit, dikemas dalam botol merah rubi yang layak dijadikan parfum kelas atas.
Lebih dari seabad kemudian, Eudermine tetap menjadi favorit konsumen.
Ada banyak pengalaman pertama untuk Shiseido, peluncuran Rainbow Face Powder pada tahun 1917 menjadi contoh perhatian Fukuhara terhadap kosmetik Barat.
Ide bedak wajah dengan tujuh warna adalah hal yang baru pada saat bedak wajah putih tengah populer di Jepang.
Produk ini didasarkan pada ide mengaplikasikan bedak menggunakan kombinasi warna putih, kuning, krem, mawar, peony, hijau, dan ungu untuk menyesuaikan dengan warna kulit setiap orang.
Kata Shiseido berasal dari sebuah bagian dalam teks kosmologis Tiongkok klasik, I Ching, yang artinya memuji kebajikan bumi.
Dengan menggunakan Hanatsubaki Jepang (Camellia) sebagai merek dagang perusahaan, putra Arinobu Shinzō Fukuhara, yang menjadi presiden pertama Shiseido pada tahun 1927 ketika perusahaan tersebut didirikan menarik banyak inspirasi simbolis dari tradisi Timur.
Tetapi gaya bisnis mereka tetap sangat Barat.
Shinzō terus mengembangkan Shiseido dan menegaskan pengaruh artistiknya pada perusahaan, mengembangkan kampanye iklan menggunakan beberapa artis Jepang yang paling dicari saat itu.
Ia juga bertanggung jawab untuk menciptakan apa yang sekarang menjadi galeri seni tertua di Jepang, Galeri Shiseido di Tokyo.
Shiseido menempati peringkat perusahaan kosmetik terbesar kelima di industri global dengan kekayaan USD 465 miliar.
Mereka bersaing untuk mendapatkan posisi dan mempekerjakan duta kecantikan untuk meningkatkan popularitas brand.
Dari Isabella Rossellini hingga Julia Roberts, daftarnya terus bertambah.
Namun di Jepang pada tahun 1930-an, beauty evangelist yang namanya menggema di bibir semua orang adalah Miss Shiseido.
Baca Juga: Simak Perbedaan Skincare Hydrating dan Moisturizing, Cara Kerjanya Tak Sama!
Kira-kira 50 tahun sebelum komputer tercipta, Shiseido memiliki gagasan bahwa tutorial kecantikan dapat berfungsi ganda sebagai hiburan.
Shiseido mengeluarkan iklan yang mengundang "perempuan dari keluarga terhormat" dan akhirnya memilih sembilan perempuan muda untuk menerima pendidikan yang ketat tidak hanya dalam aplikasi kosmetik dan perawatan kulit, tetapi juga dalam seni rupa, sastra, musik, nutrisi, dan bahkan drama.
Produksi ciri khas asli mereka, Theatre of Modern Beauty, menggabungkan pertunjukan ragam musik dan pelajaran kecantikan.
Pertunjukan itu menampilkan para anggota Miss Shiseido sebagai saudara perempuan, ada yang bergaya tradisional dan ada yang bergaya modern.
Masing-masing penampilan berfokus pada salah satu dari mereka memberikan tutorial kecantikan kepada yang lain.
Di akhir setiap pertunjukan, sembilan Miss Shiseido akan turun dari panggung untuk memberikan rekomendasi kecantikan yang dipersonalisasi kepada penonton dan mengaplikasikan produk ke wajah mereka.
Perwakilan Miss Shiseido jauh lebih dari sekadar mesin publisitas.
Mereka menjadi ikon kecantikan dan fesyen bagi perempuan di seluruh negeri, dengan penggemar berbondong-bondong menonton penampilan mereka untuk melihat langsung idola mereka dengan harapan bahwa beberapa pesona mungkin akan menular pada mereka.
Setelah jeda singkat selama Perang Dunia Kedua, program Miss Shiseido dihidupkan kembali menjadi lebih meriah.
Sekali waktu, ketika hanya ada 15 spot tersedia, lebih dari 1.300 wanita melamar menjadi Miss Shiseido.
Program teater Miss Shiseido membuka jalan bagi adanya beauty advisor di masa modern ini.
Shiseido berfokus pada ekspansi internasional sepanjang tahun 1960-an, dengan anak perusahaan yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun '65 dan Italia pada tahun '68, diikuti oleh Prancis, Jerman, dan Cina pada tahun 1980.
Pada saat yang sama, penawaran produk meningkat.
Tahun 1980-an, lini perawatan kulit Shiseido berlipat ganda, Shiseido Suncare tahun 1990-an, dan 2004 menghadirkan lini Shiseido Men kontemporer, dari krim cukur hingga pelembab.
Saat ini, repertoar Shiseido terdiri dari ratusan SKUS, 359 di antaranya tersedia di Kanada.
Baca Juga: Fakta Unik Mengenai Tren Kecantikan di Korea Utara, Skincare Tak Kalah Diminati!
Yoshiharu Fukuhara, 85 tahun, cucu pendiri perusahaan, menjadi ketua kehormatannya.
Pada Desember 2015, Shiseido menyertakan 97 perusahaan grup (termasuk Clé de Peau Beauté, Benefique, bareMinerals, dan Nars serta merek wewangian Elie Saab, Issey Miyake, Narciso Rodriguez, dan Serge Lutens) dengan 763,1 miliar yen ($ 9,5 miliar) Kanada) dalam penjualan bersih konsolidasi.
Shiseido Group juga mengumumkan perjanjian lisensi dengan Dolce & Gabbana untuk memproduksi dan mendistribusikan wewangian, makeup, dan perawatan kulitnya, serta akuisisi Produk Gurwitch (merek Laura Mercier dan RéVive).
Shiseido telah populer tidak hanya di Jepang, tetapi di Asia dan di seluruh dunia.
Omotenashi, sambutan yang tulus yang berasal dari upacara minum teh Jepang, adalah motto Shiseido dan pendekatannya terhadap keramahan.
Itu adalah semangat yang terus dilalui Shiseido hingga saat ini.
Nah, itu dia Stylovers brand skincare tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Apakah kamu sudah pernah mencoba produk mereka? (*)