Stylo Indonesia - GoSend, layanan pengiriman barang dari Gojek, bagian dari Grup GoTo (BEI: GOTO), terus memperkuat komitmennya dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia.
Melalui inovasi layanan, penawaran menarik, dan edukasi bisnis, GoSend membantu UMKM memperluas jangkauan pasar sekaligus menjaga kepuasan pelanggan melalui pengiriman cepat dan andal.
Steven Halim, Head of Transport and Logistics Gojek, mengatakan, “Dalam mempersiapkan para UMKM menjadi “Best Seller” di 2025, kami fokus pada tiga amunisi utama. Pertama, kami berkomitmen untuk terus berinovasi, salah satunya baru-baru ini kami meluncurkan layanan GoSend Instant Hemat secara bertahap,"
"Opsi ini menawarkan pengiriman cepat dengan harga yang lebih terjangkau. Inisiatif ini bisa terwujud berkat optimasi teknologi. Kedua, kami juga memberikan ragam penawaran spesial untuk mendongkrak penjualan dan visibilitas UMKM, terutama momen akhir tahun di mana tren belanja konsumen meningkat. Serta terakhir, kami secara konsisten berbagi pengetahuan terkini kepada UMKM dalam menunjang pengembangan bisnis mereka,” tambahnya.
Baca Juga: Cosmetic Day 2024, UMKM Naik Kelas dengan Produk Aman Agar Bisnis Semakin Cuan
Inovasi Layanan untuk UMKM
GoSend menghadirkan berbagai layanan unggulan untuk memenuhi kebutuhan UMKM, termasuk:
GoSend Instant – Pengiriman cepat dengan jaminan sampai dalam 1 jam. Cocok untuk produk seperti makanan beku dan hampers yang banyak dipesan di akhir tahun.
GoSend SameDay – Pengiriman dalam 6-8 jam, ideal untuk produk fashion, kebutuhan rumah tangga, hingga skincare.
GoSend Car – Layanan untuk barang besar hingga 100 kilogram, seperti pesanan makanan dalam jumlah banyak atau barang sensitif.
Selain itu, fitur seperti GoSend Multi Delivery untuk pengiriman ke beberapa alamat, asuransi hingga Rp50 juta, dan jaminan pengiriman 1 jam semakin mempermudah pelaku UMKM.
Baca Juga: Tips Sukses Membangun UMKM, Pemula Wajib Tahu Biar Enggak Merugi!
Promo Spesial Sambut 2025
Dalam menyambut tahun baru, GoSend menghadirkan berbagai promo seperti Flat Ongkir 5 ribu, diskon pengiriman bagi pengguna Gojek PLUS, hingga promo akhir tahun lainnya.
Penawaran ini dirancang untuk membantu UMKM meningkatkan visibilitas dan penjualan, terutama saat tren belanja konsumen memuncak di akhir tahun.
Komunitas dan Edukasi Bisnis
Melalui Komunitas Best Seller GoSend, GoSend menjangkau ratusan ribu seller dari berbagai sektor, termasuk makanan dan minuman (46%), kecantikan (31%), dan fashion (14%). Komunitas ini memberikan akses ke program eksklusif, promosi melalui konten kreatif, hingga kolaborasi dengan figur publik seperti Ariel NOAH.
Selain itu, GoSend menggelar Ruang Belajar GoSend Summit 2024, yang menghadirkan narasumber inspiratif seperti Ario Pratomo (Content Creator & Entrepreneur), Rizky Arief (CEO HMNS), dan Fitria Vidyawati (Managing Director MKS Shoes). Acara ini membahas strategi bisnis 2025 dan tips memanfaatkan tren belanja akhir tahun.
Apresiasi dari Pemerintah
Dr. Yulius M.A., Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian UMKM RI, mengapresiasi inisiatif GoSend dalam mendukung digitalisasi UMKM.
Beliau mengatakan, "Kami sangat mengapresiasi atas inisiatif yang dilaksanakan oleh GoTo dalam mewujudkan komunitas yang ramah untuk pelaku usaha yang dikuatkan dalam Komunitas Best Seller GoSend. Pemerintah berkomitmen untuk meninjau
digitalisasi dari berbagai sektor dengan tujuan memperluas akses teknologi digital bagi masyarakat, mendorong ekonomi digital, serta menciptakan ekosistem yang inklusif dan kompetitif di tingkat nasional dan global,"
"Kita semua menyadari UMKM memiliki peran yang sangat strategi terhadap perekonomian. Indonesia. Saat ini UMKM menyumbang 60,51% terhadap PDB Indonesia dan menyerap hampir 97% dari total tenaga kerja nasional. Kami berharap, kemitraan strategis dengan pihak swasta seperti Gojek ini dapat terus berlanjut agar dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan di masyarakat yang berkontribusi pada peningkatan perekonomian bangsa Indonesia," tambahnya.
Dengan inovasi, promo spesial, dan edukasi bisnis, GoSend optimis mendukung UMKM menjadi Best Seller di tahun 2025.
Jangan lewatkan peluang menarik ini dan jadikan usaha kalian semakin berkembang!(*)
Clara Ristiani
Baca Juga: Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan Bagikan Kisah Sukses UMKM Berdayakan Difabel, Perempuan dan Petani
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Peduli Keberlangsungan Hidup, ParagonCorp Ajak Masyarakat Terapkan Conscious Beauty
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari, program KG Media yang merupakan suatu rencana aksi global, bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.
KOMENTAR