Stylo Indonesia - Pasar kosmetik di Indonesia kini tengah berada dalam kondisi ekspansif.
Hal ini tampak pada data total pendapatan Industri Kosmetik yang dalam kurun waktu 2021-2024 diperkirakan mengalami total kenaikan 48 persen, yakni dari US$ 1,31 miliar atau sekitar Rp 21,45 triliun di tahun 2021, menjadi US$ 1,94 miliar atau sekitar Rp 31,77 triliun pada 2024 (Statista.com).
Di samping mempunyai potensi pasar yang besar, industri kosmetik Indonesia juga menjadi Salah satu sektor Industri yang banyak digeluti oleh pelaku Industri dalam negeri.
Berdasarkan data Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) Dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), pelaku kosmetik meningkat Dari 819 pelaku usah di tahun 2021 menjadi 1039 pelaku usaha panda akhir 2023.
Data PERKOSMI juga menunjukkan bahwa 89 persen Dari pelaku usaha kosmetika di Indonesia merupakan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), sehingga IKM kosmetik turut berperan penting dalam penyediaan lapangan pekerjaan.
Pertumbuhan sektor industri kosmetik ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2028,dan diperkirakan dalam kurun waktu 2024-2028, industri kosmetik di Indonesia akan mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 5,35 persen pertahun.
Data tersebut disampaikan oleh Reni Yanita selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah,dan Aneka (IKMA) pada kegiatan Kick Off Kompetisi Start-up Kosmetik 2024 pada Selasa, 30 Juli 2024 lalu.
Untuk dapat berhasil di persaingan pasar kosmetik saat ini, penting bagi pelaku usaha kosmetik khususnya yang berskala IKM untuk memahami perubahan preferensi konsumen dan menyesuaikan produk, serta menyiapkan strategi pemasaran agar mampu di terima oleh pasar.
Sebagai wadah bagi para pelaku IKM kosmetik di Indonesia untuk memamerkan produk, memperluas pasar, dan berjejaring dengan sesama pelaku IKM kosmetik maupun stakeholder terkait, sejak 2019 Direktorat Jenderal (Ditjen) IKMA Kementerian Perindustrian juga rutin mengadakan Cosmetic Day.
Cosmetic Day menghadirkan berbagai kegiatan mulai dari temu bisnis, talkshow, workshop, dan tentunya pameran IKM kosmetik binaan Ditjen IKMA.
Masih dengan tagline ‘Yang Lokal Semakin Fenomenal’, tahun ini Ditjen IKMA kembali bersama Stylo Indonesia selaku media digital fashion, beauty, dan lifestyle Indonesia melangsungkanCosmetic Day 2024 di Gedung Kementerian Perindustrian RI pada Selasa, 29 Oktober sampai Jumat, 1 November 2024.
"Tahun ini merupakan tahun ke-6 Cosmetic Day dilaksanakan. Pada tahun ini terasa berbeda karena untuk pertama kalinya Cosmetic Day digelar di Gedung Kementerian Perindustrian. Kami berharap Cosmetic Day bisa memberikan pencerahan dan edukasi bagi masyarakat soal kosmetik yang halal dan aman, bukan hanya untuk kaum perempuan tapi juga pria," ungkap Reni Yanita.
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR