Stylo Indonesia - Punya popularitas seperti Luna Maya tentu membuatnya memiliki kemudahan dalam hal apapun.
Dengan namanya yang sudah dikenal dimana-mana bukan tidak mungkin bagi Luna Maya untuk membuat sebuah brand dan laku di pasaran.
Namun hal tersebut nyatanya tidak menjamin saat Luna Maya membangun brand Nama Beauty.
Sederet perjalanan membangun bisnisnya pun diungkapkan Luna Maya saat mengisi Talkshow Strategi Komunikasi Kreatif Membangun Branding Bisnis Kecantikan di Zaman Now! di acara Cosmetic Day 2023, Sabtu (25/11), di AEON Mall Tanjung Barat Jakarta.
"Saya mengawali dari iseng dengan pikiran followers puluhan juta, tapi ternyata gak segampang itu, semua ada usaha dan strategi yang benar," ungkap Luna Maya.
Luna Maya pun akhirnya merintis bisnisnya dari nol dan melakukan survey untuk membangun bisnisnya.
"Saya gak punya background lulusan bisnis mana-mana, semuanya learning by doing, semua saya lakukan dengan bertanya dengan pelaku yang sudah bisnis lebih dulu," tuturnya.
"Akhirnya saya beranikan diri 2018 ke pabrik saya penasaran temen-temen saya lebih dulu membuat beauty brand, saya penasaran emang segampang itu bikinnya?" lanjut Luna Maya.
Akhirnya Nama Beauty pun dirilis pada tahun 2019 Agustus dan bisa dibilang laris di pasaran.
"Pertama kali launching itu lip cream dan BB Foundation, antusia masyarakat baik dan iseng-iseng ini menjual ribuan produk di masa itu," cerita perempuan blasteran tersebut.
Namun bisnis yang penjualan laris tersebut nyatanya harus terhenti di umurnya yang masih seukuran biji jagung.
"Tapi lagi laris-larisnya tiba-tiba Covid dan siapa yang mau beli makeup pada masa itu, dan itu jadi tamparan besar bagi saya," katanya.
Akhirnya Luna Maya pun mulai mempelajari apa yang selama ini tidak dimilikinya saat membangun bisnis.
"Waktu saya bikin Nama, saya gak ngerti branding, komunikasi gimana, packaging gimana, ternyata banyak sekali turunannya yang harus diperhatikan," ungkapnya.
"Akhirnya 2021 saya dapat pendanaan, saya jadikan modal untuk memperbaiki yang belum saya pelajari sebelumnya," kata Luna Maya/
Kini, Luna Maya pun membangun bisnisnya dengan visi misi yang lebih jelas agar branding produk yang dimilikinya lebih kuat dan laku di pasaran.
"Dan akhirnya saya membuat Nama yg better (produk yang terbaik), simpler (simpel, kaya saya yang suka dandan tapi mau yang simpel dan efektif), selfcare (orang yang simpel, gapapa gak pengen dandan heboh-heboh tapi selfcare itu penting banget kalau kita ngerawat diri kita maka kita akan percaya diri, dari dalam dan luar itu harus combine)," tutur Luna Maya.
Wah, inspiratif banget ya, Stylovers! (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR