Stylo Indonesia - Tokopedia dan ShopTokopedia menyelenggarakan talkshow dan media visit ke pabrik Elizabeth dalam rangka langsung mendukung brand lokal di Bandung.
Acara dimulai dari talkshow dengan Director of Corporate Affairs Tokopedia and ShopTokopedia, Nuraini Razak dan Brand Manager Elizabeth, Resti Ghita Pribadi pada 12 Juni 2024 di pabrik Elizabeth, Kota Cimahi.
Menurut data Bank Indonesia, volume transaksi e-commerce naik dari 3,49 miliar kali pada tahun 2022 menjadi 3,71 miliar kali pada tahun 2023, bahkan nilai transaksi e-commerce pada tahun 2023 pun mencapai Rp453,75 triliun.
“Saat ini, Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi rumah bagi lebih dari 21 juta penjual dan hampir 100% merupakan pelaku UMKM lokal. Tokopedia dan ShopTokopedia pun mencatat adanya kenaikan jumlah penjual, pembeli, maupun transaksi di masing-masing platform pada skala nasional selama semester I 2024,” ujar Director of Corporate Affairs Tokopedia and ShopTokopedia, Nuraini Razak.
“Dari sisi penjual di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. Sedangkan di ShopTokopedia, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024,” jelasnya.
Sejumlah wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia, antara lain Yahukimo (Papua Pegunungan), Malaka (Nusa Tenggara Timur), Seluma (Bengkulu Selatan), Sukamara (Kalimantan Tengah), Sikka (Nusa Tenggara Timur) dengan rata-rata kenaikan jumlah penjual hampir 2,5 kali lipat.
Sedangkan wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di ShopTokopedia, antara lain Papua Barat, Aceh, Jakarta, Bengkulu dan Banten dengan rata-rata kenaikan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat.
Dari segi pembeli, kenaikan tertinggi jumlah pembeli di Tokopedia, yaitu Maybrat (Papua Barat Daya), Tambrauw (Papua Barat Daya), Mamberamo Tengah (Papua Pegunungan, Dogiyai (Papua Tengah) dan Kepulauan Aru (Maluku) dengan rata-rata peningkatan jumlah pembeli lebih dari 1,5 kali lipat.
Di ShopTokopedia, wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli, yaitu Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur dengan rata-rata peningkatan jumlah pembeli hampir 1,5 kali lipat.
Kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia, antara lain fashion muslim, gadget dan elektronik, ibu dan bayi, makanan dan minuman serta Kecantikan dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat.
Sedangkan kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di ShopTokopedia, antara lain Peralatan Rumah Tangga, Camilan, Bawahan Wanita, Bawahan Pria dan Baju Tidur Wanita dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 2,5 kali lipat.
Khusus untuk produk fashion yang paling laris di Tokopedia, antara lain dress muslim, perlengkapan ibadah, outwear wanita, atasan muslim (blouse, tunik, dan manset) dan pakaian muslim pria (baju koko, celana sarung) dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.
Artkea Annual Show 2024 Bertajuk Poise yang Terinspirasi dari Keseimbangan dan Harmoni Kehidupan
KOMENTAR