Stylo Indonesia - Stylovers, masih ingat momen menstruasi pertama yang kamu alami?
Saat tengah mengalami menstruasi pertama, seringkali ada banyak stigma yang masih disalahpahami sehingga membuat remaja putri kurang siap menghadapi hal tersebut.
Menjelaskan dan meningkatkan kesadaran akan menstruasi pertama kepada remaja putri di sekitar kita tentunya menjadi tanggung jawab bersama!
Kali ini Softex kembali melanjutkan kampanye sosial dalam mendukung UNICEF Indonesia dengan meluncurkan film pendek Ana & The Red Wings sebagai upaya mematahkan stigma seputar pengalaman menstruasi.
Film pendek Ana & The Red Wings terinspirasi dari pengalaman menstruasi pertama para remaja putri di Indonesia Timur dengan segala keterbatasan yang ada.
Pada acara konferensi pers yang diadakan pada Jumat (10/3) Kadir Gunduz, Presiden Direktur PT Softex Indonesia menyampaikan bahwa riset UNICEF menemukan 1 dari 7 remaja putri di Indonesia tidak masuk sekolah saat menstruasi.
Fakta inilah yang menjadi premis dari film pendek Ana & The Red Wings.
Red Wings yang menjadi poin utama dalam film ini merupakan simbol dari proses pendewasaan seorang perempuan yang ditandai dengan menstruasi pertama.
Film pendek ini diharapkan bisa membantu para remaja putri Indonesia untuk menerima momen menstruasi pertama mereka dengan lebih siap dan percaya diri.
View this post on Instagram
Bantuan 15 Miliar untuk Kesehatan Menstruasi Remaja Putri di Indonesia Timur
Menurut data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, 52% sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak.
“Kurangnya pemahaman tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi dapat mengganggu kinerja remaja putri di sekolah, dan seringkali menjadi penyebab stres dan rasa malu yang tidak perlu. Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pengetahuan yang benar tentang menstruasi penting bagi remaja putri dan juga laki-laki,” jelas Gregor Henneka, Direktur Penggalangan Dana dan Kemitraan, UNICEF Indonesia.
“Softex merupakan salah satu mitra setia UNICEF Indonesia yang turut berkontribusi dalam mengatasi krisis menstruasi di tengah masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup remaja putri di wilayah timur Indonesia,” tambahnya.
Dimulai sejak tahun 2019, Softex mendukung UNICEF Indonesia melalui kampanye sosial #DariSaudari telah berkontribusi menjangkau 44.000 remaja putri dan 1.327 sekolah di Indonesia Timur dan mengkomunikasikan perilaku hidup bersih dan praktik manajemen kebersihan menstruasi di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.
Kini, Softex melalui Kimberly-Clark Foundation kembali memberi bantuan sebesar 15 miliar rupiah kepada UNICEF Indonesia untuk program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang mempertimbangkan aspek kesetaraan gender dan inklusi sosial.
Tentunya diiringi dengan promosi dan edukasi tentang kesehatan dan kebersihan menstruasi agar dapat sekaligus meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia.
Kerja sama ini akan berjalan hingga tahun 2024, di mana Softex mendukung UNICEF untuk membantu 10.000 remaja putri di Indonesia Timur mengelola menstruasi mereka dengan aman dan higienis.
Program ini dapat membantu 80.000 orang, terutama remaja putri di Indonesia Timur untuk hidup dalam lingkungan yang bersih dan higienis.
“Kami sangat senang dapat bekerjasama kembali dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur,” ungkap Gunduz.
“Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur. Inisiatif ini juga merupakan dukungan nyata kami terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB 2030,” lanjutnya.
Pameran Ana & The Red Wings, Gandeng Seniman Lokal Pamerkan Karya Interaktif
Bersamaan dengan perilisan film pendeknya, Softex juga mengadakan pameran karya Ana & The Red Wings yang bisa Stylovers kunjungi dari tanggal 10 hingga 12 Maret 2023 di Gedung Sarinah, Jakarta.
Dalam pameran ini, Softex menggandeng seniman lokal Ika Vantiani dan Rachel Ajeng untuk menghadirkan 2 karya inspiratif dan interaktif.
Simbol Red Wings kembali menjadi tema utama yang terinspirasi dari film pendek Ana & The Red Wings sendiri.
Di pameran ini, Stylovers bisa menuliskan pesan untuk para saudari di Indonesia Timur dalam menghadapi menstruasi pertamanya yang bisa disematkan di Red Wings besar karya Ika Vantiani.
Stylovers juga bisa berfoto di instalasi karya Rachel Ajeng yang melambangkan menstruasi sebagai tanda dimulainya evolusi seorang remaja putri menjadi wanita.
Meski mungkin terkesan biasa saja, menstruasi menjadi proses alami yang sangat berdampak pada keseharian mereka yang tadinya sederhana.
Dengan berpartisipasi dan membagikan keseruan pameran ini di media sosial, Stylovers juga bisa mendapatkan pin dan pouch Ana & The Red Wings secara gratis, lho!
Shanna Shannon, penyanyi sekaligus Founder Yayasan Shanna Shannon Indonesia Banget turut hadir dan membagikan pengalaman pribadinya pada konferensi pers dan pembukaan pameran karya hari ini.
“Aku kagum dengan program yang dilakukan Softex dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan menstruasi di tengah masyarakat, baik melalui program CSR-nya bersama UNICEF maupun film pendek dan pameran karya ini,” ujarnya.
Nah, itu dia Stylovers keseruan film pendek dan pameran Ana & The Red Wings oleh Softex. Jangan lupa selalu jaga kebersihan dirimu selama menstruasi demi kesehatan, ya! (*)
Baca Juga: Cara Menjaga Kebersihan Miss V Saat Sedang Menstruasi, Wajib Disimak!
KOMENTAR