Stylo Indonesia - Aktivitas belanja online tampaknya masih menjadi pilihan masyarakat, didukung oleh animo masyarakat menggunakan aplikasi belanja online Tokopedia sepanjang 2022 yang masih tinggi.
Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia memaparkan kategori produk terpopuler hingga pengiriman terjauh di tahun 2022.
“Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Ekhel.
Wah, mungkin Stylovers juga merupakan salah satu yang berkontribusi dalam tren belanja di Tokopedia tahun lalu, nih!
Untuk mendukung UMKM dan membantu masyarakat mendapatkan kebutuhannya lewat aplikasi belanja online, Tokopedia mengencarkan beberapa inisiatif dengan pendekatan Hyperlocal yang didukung oleh teknologi geo-tagging.
Di antaranya seperti Dilayani Tokopedia serta Tokopedia NOW! yang merupakan layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam.
Di tahun 2022, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat.
Produk seperti popok anak, sembako, dan detergen adalah produk-produk yang paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia.
“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.
Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan, dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW!
Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Penjualan Hampers dan Tiket Taman Hiburan Melonjak di Tokopedia
“Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,”ungkap Ekhel.
Selain untuk berbelanja, Tokopedia ternyata juga digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan lain, salah satunya membayar pajak.
Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB, dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.
“Kami juga melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan pun terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” jelas Ekhel.
Sebagai salah satu inovasinya, Tokopedia juga menghadirkan inovasi kanal streaming video Tokopedia Play di mana masyarakat dapat mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya.
“Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat,” kata Ekhel.
Ada juga inovasi Tokopedia Affiliate yang membuat siapa saja bisa memperoleh pendapatan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial.
Tentunya inovasi tersebut juga memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha.
Di 2022, Tokopedia mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat.
Untuk semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasinya, Tokopedia juga telah menghadirkan fitur Dark mode yang membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya.
Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.
Tak hanya itu, Tokopedia juga berkolaborasi dengan BRI untuk menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022.
Kemudian pada Agustus 2022, Tokopedia juga menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial, dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.
Nah, itu dia Stylovers tren belanja di tahun 2022 dan sejumlah inovasi yang telah dihadirkan oleh Tokopedia. Jadi pengen belanja online lagi gak, sih? (*)
Baca Juga: Puluhan Produk Kecantikan Lokal Menangkan Tokopedia Beauty Awards 2022, Ada Favoritmu Enggak?
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR