Stylo Indonesia - Tanggal 17 Agustus 2022 lalu, Tokopedia tepat berusia 13 tahun.
Yup, peringatan ulang tahun Tokopedia memang bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI, Stylovers.
Dengan semangat sebagai marketplace asal Indonesia, Tokopedia telah menjadi wadah bagi banyak pegiat usaha di Indonesia untuk memanfaatkan peluang lewat teknologi.
“Selama setahun ke belakang, Tokopedia telah menyediakan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha di Indonesia untuk menciptakan peluang lewat teknologi,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Berbagai inisiatif telah dilakukan oleh Tokopedia untuk mendukung kemajuan ekonomi digital dari pelaku usaha lokal.
Salah satunya seperti inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
Termasuk para pelaku usaha di bidang fashion dan kecantikan.
“Pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi,” ujar Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.
“Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” lanjutnya
Kehadiran inisiatif Hyperlocal membuat Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia, termasuk bagi konsumen perempuan, selama setahun ke belakang.
Di kategori Fesyen, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blouse dan daster, serta sneakers wanita menjadi beberapa produk yang paling laris.
Sedangkan di kategori Kecantikan, produk pembersih wajah, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk yang paling populer.
Baca Juga: Awas Penipuan Lowongan Kerja Atas Nama Tokopedia, Ini Cirinya!
Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lain sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022.
Yakni meningkatnya transaksi dan jumlah penjual pada kategori fashion dan kecantikan.
Terlebih, peningkatan ini banyak terjadi di berbagai daerah Indonesia di luar Jawa.
Di antaranya beberapa daerah yang mengalami peningkatan seperti Kabupaten Biak Numfor, Muaro Jambi, Waropen, Sabu Raijua, Halmahera Tengah, Tebo, Tanah Datar, Solok, dan beberapa daerah lainnya.
Hal ini tentunya menjadi tanda yang positif dalam hal pemerataan ekonomi di Indonesia.
Terlebih, jangkauan Tokopedia yang telah menjangkau 99 persen provinsi di Indonesia juga ikut andil dalam kemajuan ini.
Sedangkan Tokopedia juga mencatat Kab. Semarang dan Lampung Barat sebagai beberapa daerah dengan peningkatan jumlah perempuan pelaku UMKM paling tinggi.
Sepanjang bulan Agustus 2022 ini, untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-13, Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ lewat berbagai kampanye.
Di antaranya Serbu Official Store (SOS) selama 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130. (*)
Baca Juga: Tokopedia Dekatkan Pembeli dan Penjual Lokal dengan Geo-Tagging dan Tokopedia Play
Cara Benar Membersihkan Dispenser Agar Kualitas Air Minum Terjaga, Mama Milenial Wajib Tahu!
KOMENTAR