Stylo Indonesia - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2022 kembali digelar mulai tanggal 21 April - 23 April di Grand Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.
Menariknya tahun ini Muffest hadir dengan menambahkan kata “Plus (+)” menjadi MUFFEST+, sesuai tawaran baru yang diusung, yaitu mengedepankan sektor fesyen muslim serta diperluas dengan lifestyle.
Muffest+ yang diinisiasi oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) tahun ini menghadirkan tema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”.
Opening Ceremony Muffest+ turut dihadiri oleh Ali Charisma, National Chairman IFC,Windu Wijaya, Direktur Kinarya Cipta Kreasi.
Lalu ada enam Kementerian RI, mulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) RI, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Sejalan dengan target Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia, tentunya Indonesia dituntut dapat memberikan tawaran tren dan gaya berpakaian muslim yang diakui dunia sehingga menjadi suatu gaya hidup muslim global.
“Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia bukan hanya sekedar tagline, tapi juga bisa mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia,” tutur Ali Charisma selaku Chairman Indonesia Fashion Chamber saat ditemui di The Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta, Kamis (21/04/2022).
Lebih lanjut ia menambahkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia tentunya tidak bisa berjalan sendiri dan perlu diwujudkan dengan adanya dukungan dari pemerintah.
Tak bisa dipungkiri, ajang pagelaran modest fashion ini diselenggarakan sebagai besarnya respons pasar busana muslim di Indonesia.
Baca Juga: White Liar Jadi Tema Koleksi Desainer Lisa Fitria di Ajang MUFFEST 2021
Muffest+ dibuka oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM. Beliau berharap dengan adanya acara ini Indonesa bisa jadi kiblat fashion muslim dunia.
Dalam rangkaian Opening Ceremony MUFFEST+ 2022 menampilkan karya para Pemenang Modest Young Designer Competition (MYDC) yang merupakan ajang kompetisi yang diinisiasi oleh IFC.
Para desainer muda yang merupakan pemenang MYDC dari tahun 2017 sampai 2021, yaitu Dyah Ayu Wulansari, Ray Anjas Maulana, Taufik Hidayat, Eugene Kharisma, Bakas Studio, dan Beri Aku Waktu by Widi Asari memperlihatkan hasil kreativitas dalam mengaplikasikan konten lokal dengan tren global.
Koleksi pembuka oleh para Pemenang MYDC tersebut dilanjutkan dengan parade karya dari designer Deden Siswanto, Rosie Rahmadi, Syukriah Rusydi, Aldre, Sulika, Irmasari Joedawinata, dan Opie Ovie yang menunjukkan ragam gaya busana muslim, mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i.
Peragaan busana yang digelar pada hari pertama perhelatan MUFFEST+ 2022 menampilkan hasil kolaborasi para penggiat sektor fesyen muslim.
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersinergi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) mempersembahkan karya Ferry Kuncoro, Dhiah Kahar, Asal, Safira Maisy, Andre Manangga, dan Linda Hamidy Grander dalam menuangkan kain NTB unggulan menjadi busana muslim yang dapat diterima pasar lebih luas.
Kemudian Fashion Parade menampilkan karya para member IFC yaitu Monika Jufry, Feymil Chang X Dekranasda Kabupaten 50 Kota, Nina Nugroho, Batik Chic, Charlie Bravo, dan Rose.Ma.Lina X Defrico Audy.
Sebagai penutup, Asia Pacific Rayon (APR) mempersembahkan karya dari sejumlah brand yang menggunakan kain dari serat viscose-rayon, yaitu Gajah Duduk, Inen Signature, BT Batik Trusmi, Bajufuku, Gamaleea, Ide Indonesia (Ikatan Desainer Ecoprint Indonesia), dan Aruna Creative X Nicolo.
Tak hanya menampilkan fashion show, MUFFEST+ kembali menggelar Seminar Trend dan juga talkshow dengan beberapa tema menarik.
Sebagai informasi, Muffest+ persembahan IFC didukung oleh Kinarya Cipta Kreasi sebagai organizer, para stakeholder meliputi jajaran enam Kementerian Republik Indonesia, Bank Sentral, BUMN, Pemda, dan Instansi Swasta. (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR