Motif Batik Betawi Masih Berkembang, Ini Kata Desainer Ichwan Thoha

By Mreizghi Alvio Linchia, Jumat, 12 Oktober 2018 | 16:43 WIB
Desainer Ichwan Thoha (instagram.com/@ichwanthoha)

Stylo.ID - Sejak diresmikan sebagai warisan bangsa Indonesia, kain Batik telah banyak mengalami revolusi. Setiap daerah kini mempopulerkan kain Batik khas masing-masing, tak terkecuali Jakarta yang punya batik Betawi.

Sebagai putera asli kelahiran Betawi, desainer Ichwan Thoha tertantang untuk menyulap batik Betawi dengan gaya khas milenial yang kekinian.

"Sayangnya sampai sekarang motif batik Betawi belum punya motif yang spesifik, belum ada patennya, dan sekarang ini sedang dikembangkan juga dicari karakternya," ujarnya saat dihubungi Chia Stylo.ID lewat telepon.

Baca Juga : Tips Padu Padan Denim dari Desainer Ichwan Thoha, Fashionista Wajib Tahu!

Seperti apa pendapat Ichwan Thoha tentang motif batik Betawi terkini dan bagaimana caranya mensosialisasikan kain tersebut pada generasi milenial?

#Motif Batik Betawi Masih Berkembang

Batik Betawi mulai banyak dilirik beberapa tahun belakangan ini dan berkembang sangat pesat.

Seringkali, kita menjumpai kain batik Betawi dengan motif ondel-ondel ataupun monas dan dikemas dengan warna-warni cerah cenderung nyentrik.

Ichwan berkata, jika ditilik dari sejarah Betawi memiliki campuran budaya yang cukup kompleks antara lain: Portugis, Arab, China dan Persia.

Baca Juga : Inspirasi Batik Hijab Modern untuk Pilihan Outfit Kondangan dengan Harga Mulai dari 100 Ribuan

Motif Batik Betawi (batik-tulis.com)

"Kalau kita jumpai batik Betawi dengan motif monas atau jembatan semanggi, menurut saya itu belum mencerminkan Betawi. Bahkan ondel-ondel juga belum, karena campuran budaya Betawi lebih kaya lagi," tutur desainer yang sempat membawa batik Betawi ke Korea ini.