Pahlawan Perekonomian, Ini Rekomendasi UMKM dari Tokopedia dan ShopTokopedia!

By Cerysa Nur Insani, Senin, 11 November 2024 | 10:30 WIB
Rekomendasi UMKM dari Tokopedia dan ShopTokopedia (Dok. Tokopedia)

Stylo Indonesia - Tanggal 10 November merupakan peringatan Hari Pahlawan yang setiap tahun dirayakan di Indonesia.

Berdasarkan data pemerintah, UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia sehingga dapat disebut sebagai pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara.

Dalam rangka Hari Pahlawan 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya memberi panggung untuk UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi yang turut berkontribusi memberdayakan masyarakat sekitar.

Demi mendorong UMKM lokal lewat pemanfaatan teknologi, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya menghadirkan berbagai kampanye dan fitur, termasuk melalui live streaming yang tersedia pada platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok. 

Ada juga berbagai kampanye seperti Beli Lokal, Promo Guncang khusus setiap tanggal kembar, Tokopedia NYAM! untuk mendukung penjual makanan dan minuman, dan Selalu Jadi Syantik yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh melalui ShopTokopedia.

Fitur Live Streaming Permudah Pelaku Usaha Tingkatkan Penjualan

Tokopedia dan ShopTokopedia merayakan Hari Pahlawan, sampaikan pertumbuhan jumlah pelaku usaha dan tren belanja online, serta beri panggung bagi pelaku usaha di penjuru tanah air. (Dok. Tokopedia)

Menurut riset 'Indonesia E-commerce Trends 2023' yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live streaming dan 77% dari responden melakukan transaksi via fitur live streaming.

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM,” ujar Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce.

Untuk mendorong pertumbuhan bisnis bagi pelaku usaha lokal di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan serta webinar seputar live shopping yang dapat ditemukan secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.

Agar setiap pelaku usaha berhasil memberi pengalaman belanja yang lebih interaktif, serta meningkatkan transaksi melalui fitur live streaming, penjual harus memastikan bahwa akun TikTok yang dimiliki telah menjadi Akun Resmi Toko (ShopTokopedia) tanpa syarat jumlah pengikut minimum.

Baca Juga: Langkah Nyata Tokopedia dan ShopTokopedia Dukung Brand Lokal di Perayaan Hari Sumpah Pemuda 2024

“Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping,” ujar Aditia.

“Selama kuartal III 2024, lima kategori terlaris saat live streaming, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen Perempuan, Muslim Fashion, Fesyen Pria, serta HP dan Elektronik,” tambahnya.

Rekomendasi UMKM di Tokopedia dan ShopTokopedia

1. Nifty Twice

Nifty Twice (Dok. Tokopedia)

Nifty Twice merupakan brand produk personal care yaitu produk wewangian termasuk parfum asal Bandung, Jawa Barat.

Brand yang didirikan oleh Yudi Achmad Mashudi ini menawarkan berbagai produk wewangian dengan konsep alami yang mengangkat kearifan lokal Indonesia serta kekayaan alamnya seperti aroma klepon, ketan hitam, dan es teler.

Ragam produknya mulai dari parfum, pengharum ruangan, reed diffuser, dan pengharum mobil.

2. Emak CW

Emak CW (Dok. Tokopedia)

Indiana Sunita memulai usaha Emak CW dengan produk keripik singkong dari bahan baku utama singkong ulin.

Hingga saat ini, varian produk UMKM dari Pekanbaru, Riau ini bertambah hingga 19 varian camilan, selain keripik singkong ada juga keripik kulit ikan.

Baca Juga: Memperingati Hari Batik Nasional, Intip Tren Batik UMKM Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia

Kini Emak CW mempekerjakan lebih dari 45 karyawan yang mayoritas merupakan anak muda serta berasal dari berbagai latar belakang, termasuk keluarga broken home.

3. Toko Sulawesi Central

Toko Sulawesi Central (Dok. Tokopedia)

Berbekal pengalaman berjualan produk kebutuhan bayi dan modal terbatas, Harmin mulai berjualan berbagai makanan khas Makassar seperti sirup markisa, sarabba, kopi Toraja, kue bagea, serta kue durian secara daring di Tokopedia.

Kini, UMKM asal Makassar, Sulawesi Selatan ini juga menjual produk kerajinan tangan yang terdiri dari songkok atau peci, gantungan kunci, hingga miniatur.

Harmin turut menggandeng perajin lokal asal Sulawesi yang telah diseleksi berdasarkan kualitas hasil karya para perajin. (*)

Baca Juga: Eksis 60 Tahun, Elizabeth Manfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia Penjualan Naik Drastis