Stylo Indonesia - Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung UMKM lokal, khususnya dalam industri batik.
Melalui berbagai kampanye, seperti Tokopedia Fashion dan Selasa Bergaya, Tokopedia dan ShopTokopedia berusaha untuk mengangkat batik sebagai produk yang diminati secara luas di era digital.
Desey Muharlina Bungsu, Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia dan TikTok E-commerce, menjelaskan bahwa kampanye seperti Beli Lokal dan Pasar Berdaya Digital bertujuan untuk mempercepat digitalisasi UMKM batik.
“Kami pun terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik di Indonesia lewat program Melokal Dengan Batik,” ujar Desey.
Inisiatif ini diluncurkan awal tahun 2024 dan berhasil memberdayakan lebih dari 550 perajin batik di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan.
Brand lokal batik yang ikut dalam berbagai inisiatif atau kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia merasakan dampak positif.
Contohnya, OE yang mengalami kenaikan penjualan 1,5 kali lipat, dan Nona Rara yang mendapatkan pelanggan 3 kali lipat lebih banyak.
Baca Juga: Eksis 60 Tahun, Elizabeth Manfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia Penjualan Naik Drastis
Dampak Inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia terhadap UMKM Batik
Melalui Melokal Dengan Batik, Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak lainnya untuk mendukung UMKM batik lokal.
Selain akselerasi digitalisasi, program ini juga mencakup kampanye shoppertainment, serta peningkatan kapasitas produksi UMKM lokal batik.