Awas Bikin Kolesterol Tinggi, Ini Rahasia Makan Daging Kambing Tetap Aman!

By Stylo Writer, Rabu, 19 Juni 2024 | 21:00 WIB
Awas Bikin Kolesterol Tinggi, Ini Rahasia Makan Daging Kambing Tetap Aman! (Freepik)

Stylo Indonesia - Daging kambing merupakan salah satu jenis daging merah yang termasuk sumber protein hewani, sehingga dapat mengoptimalkan dan memperkuat sistem imun tubuh.

Namun, perlu diketahui pula bahwa terdapat efek makan daging kambing berlebihan yang berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti kolesterol tinggi, obesitas, hingga kanker.

Perlu diketahui bahwa konsumsi daging kambing secara berlebihan justru berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, di antaranya:

1. Sembelit

Efek makan daging kambing berlebihan yang pertama adalah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Hal ini dikarenakan daging kambing termasuk makanan rendah serat sehingga akan menghasilkan feses yang bertekstur keras dan sulit dikeluarkan.

Selain itu, kandungan protein yang tinggi dalam daging kambing juga cenderung lebih sulit dicerna oleh tubuh sehingga dapat memengaruhi aktivitas pergerakan usus terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Bau Mulut

Bau mulut merupakan efek makan daging kambing berlebihan yang umum terjadi. Seperti yang telah diketahui, daging kambing mengandung lemak dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan karbohidratnya.

Maka dari itu, apabila mengonsumsi daging kambing melebihi batas wajar, alih-alih menggunakan karbohidrat, tubuh akan memecah lemak untuk dijadikan sebagai energi.

Proses pemecahan lemak tersebut dapat menghasilkan senyawa keton berlebih yang menyebabkan napas menjadi berbau tidak sedap.

3. Kolesterol Tinggi

Salah satu penyebab kolesterol naik adalah kebiasaan mengonsumsi daging kambing secara berlebihan.