Stylo Indonesia - Tokopedia dan ShopTokopedia menyelenggarakan talkshow dan media workshop dengan sejumlah media dalam rangka langsung mendukung UMKM di Bandung.
Acara dimulai dari talkshow dengan Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega dan Founder Brand Lokal Flashy, Windy Wulandry pada 13 Juni 2024 di Kozi Coffee, Kota Bandung.
Penelitian dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkapkan tren e-commerce di Jawa Barat terus meningkat dari kenaikan transaksi belanja produk UMKM secara online di Bandung sebanyak 2,5 kali lipat pada tahun 2022.
“Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha di Jawa Barat, dan meningkatkan tren belanja online masyarakat Jawa Barat sekaligus perekonomian daerah. Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi di masing-masing platform pada skala lokal dalam hal ini Jawa Barat,” ujar Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega.
Di Jawa Barat, beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia, antara lain gadget dan elektronik, fashion muslim, ibu dan bayi, makanan dan minuman serta kesehatan dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 1,5 kali lipat.
"Produk fashion yang paling laris di Jawa Barat melalui Tokopedia, antara lain dress muslim, perlengkapan ibadah, outwear wanita dan pakaian muslim pria (baju koko, celana sarung) serta pakaian muslim anak (baju koko, gamis) dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat," tuturnya.
Diungkapkan juga olehnya untuk produk tas yang paling laris di Jawa Barat melalui Tokopedia, antara lain tas selempang, dompet, shoulder bag, tote bag dan ransel.
“Produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui ShopTokopedia di Jawa Barat, antara lain makeup, camilan, peralatan rumah tangga, bawahan wanita dan baju tidur wanita dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 4,5 kali lipat,” jelasnya.
Khusus untuk produk fashion, yang paling laris di Jawa Barat melalui ShopTokopedia, antara lain rok wanita, baju tidur wanita, hijab, knitwear dan kaos wanita, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat.
Dipaparkan juga oleh Antonia produk tas yang paling laris di Jawa Barat lewat ShopTokopedia, antara lain tas belanja, travel organizers, makeup bag, dompet dan ransel.
Baca Juga: Syakeph Official Hadirkan Koleksi Busana Pertama dengan Desainer Ternama Harga Terjangkau di Tokopedia
Tokopedia dan ShopTokopedia terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia termasuk Jawa Barat melalui berbagai inisiatif, salah satunya melalui kampanye Beli Lokal.
"Kampanye Beli Lokal bertujuan mendongkrak penjualan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal. Kami pun mencatat berbagai dampak positif kampanye ini, baik di skala nasional maupun lokal dalam hal ini Jawa Barat, termasuk yang berkaitan dengan naiknya jumlah transaksi di platform Tokopedia maupun ShopTokopedia," ungkap Antonia.
Selain kampanye Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia mendukung pelaku usaha lewat beragam inisiatif. Contohnya Kurikulum 'Double Date', materi komprehensif berbisnis online untuk membantu UMKM memaksimalkan momen tanggal kembar untuk meningkatkan penjualan dan memajukan bisnis.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga bekerja sama dengan pemerintah untuk mendorong pegiat usaha lokal termasuk di Jawa Barat melalui berbagai inisiatif, seperti: (1) Kelas Maju Digital yang telah melatih lebih dari 500 UMKM di Jawa Barat, (2) Kelas Perempuan Maju Digital yang bertujuan meningkatkan daya saing ratusan perempuan pelaku UMKM di Jawa Barat, dan (3) Program Sekoper Cinta bersama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jawa Barat, Tokopedia menyelenggarakan pelatihan bisnis kepada lebih dari 500 UMKM perempuan.
Flashy adalah salah satu brand lokal yang merasakan dampak positif dari kenaikan tren belanja online di Tokopedia maupun ShopTokopedia.
Berawal dari tantangan pribadi dalam mencari tas yang unik namun affordable, Windy Wulandry memutuskan mendirikan Flashy pada tahun 1998 di Bandung.
"Awalnya saya fokus memproduksi tas sesuai dengan permintaan pelanggan yang saat itu masih terbatas teman dan kerabat. Seiring berjalannya waktu, saya sadar bahwa untuk menggaet pasar yang lebih luas, Flashy harus punya signature style yang dapat membedakan dengan brand lain," ujar Windy.
Hampir semua bahan baku Flashy berasal dari Indonesia, khususnya Jawa Barat seperti Cigondewah, Tamim dan Otista.
Untuk terus mengembangkan bisnis dan mewujudkan misi untuk membantu komunitas sekitar, Flashy memberdayakan puluhan penjahit dan perajin dari Jawa Barat dan sekitarnya.
Pada tahun 2019, Flashy mulai bergabung di Tokopedia dan merasakan manfaat yang signifikan. “Selain efisiensi dalam hal biaya operasional, Tokopedia juga membantu kami meningkatkan penjualan dan memperluas pasar, khususnya melalui berbagai kampanye,” ungkap Windy.
Flashy rutin mengikuti sejumlah kampanye, antara lain Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest, Parade Diskon, PayDay Sale, Beli Lokal dan masih banyak lagi. Tokopedia menyumbang hingga 40% dari total omzet Flashy secara online.
Selain itu, brand lokal yang berdiri selama 25 tahun ini aktif membuat video di TikTok untuk meningkatkan awareness, memberikan edukasi dan hiburan pada target pasar yang disasar.
Flashy juga memanfaatkan ShopTokopedia di aplikasi TikTok untuk mempermudah pengikut TikTok berbelanja produk.
Lewat ShopTokopedia, Flashy bisa menjangkau konsumen dengan usia yang lebih muda dan mendapatkan insight yang berharga untuk pengembangan produk lebih lanjut.
Keseruan acara ini ditutup dengan media workshop menghias tas yang diikuti para rekan media, tim Tokopedia dan Image Dynamics yang dibimbing oleh tim Flashy.(*)