Brand Lokal Flashy Rasakan Penjualan Naik Pesat dari Tren Belanja Online Tokopedia dan ShopTokopedia

By Livia, Selasa, 18 Juni 2024 | 15:00 WIB
Brand Lokal Flashy Rasakan Penjualan Naik Pesat dari Tren Belanja Online Tokopedia dan ShopTokopedia (dok.pribadi)

Stylo Indonesia - Tokopedia dan ShopTokopedia menyelenggarakan talkshow dan media workshop dengan sejumlah media dalam rangka langsung mendukung UMKM di Bandung.

Acara dimulai dari talkshow dengan Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega dan Founder Brand Lokal FlashyWindy Wulandry pada 13 Juni 2024 di Kozi Coffee, Kota Bandung.

Penelitian dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengungkapkan tren e-commerce di Jawa Barat terus meningkat dari kenaikan transaksi belanja produk UMKM secara online di Bandung sebanyak 2,5 kali lipat pada tahun 2022.

 “Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya mendorong kemajuan pelaku usaha di Jawa Barat, dan meningkatkan tren belanja online masyarakat Jawa Barat sekaligus perekonomian daerah. Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi di masing-masing platform pada skala lokal dalam hal ini Jawa Barat,” ujar Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Antonia Adega.

Di Jawa Barat, beberapa kategori produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia, antara lain gadget dan elektronik, fashion muslim, ibu dan bayi, makanan dan minuman serta kesehatan dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 1,5 kali lipat.

"Produk fashion yang paling laris di Jawa Barat melalui Tokopedia, antara lain dress muslim, perlengkapan ibadah, outwear wanita dan pakaian muslim pria (baju koko, celana sarung) serta pakaian muslim anak (baju koko, gamis) dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat," tuturnya.

Diungkapkan juga olehnya untuk produk tas yang paling laris di Jawa Barat melalui Tokopedia, antara lain tas selempang, dompet, shoulder bag, tote bag dan ransel.

“Produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui ShopTokopedia di Jawa Barat, antara lain makeup, camilan, peralatan rumah tangga, bawahan wanita dan baju tidur wanita dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 4,5 kali lipat,” jelasnya. 

Khusus untuk produk fashion, yang paling laris di Jawa Barat melalui ShopTokopedia, antara lain rok wanita, baju tidur wanita, hijab, knitwear dan kaos wanita, dengan rata-rata peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat. 

Dipaparkan juga oleh Antonia produk tas yang paling laris di Jawa Barat lewat ShopTokopedia, antara lain tas belanja, travel organizers, makeup bag, dompet dan ransel.

Baca Juga: Syakeph Official Hadirkan Koleksi Busana Pertama dengan Desainer Ternama Harga Terjangkau di Tokopedia

Tokopedia dan ShopTokopedia terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia termasuk Jawa Barat melalui berbagai inisiatif, salah satunya melalui kampanye Beli Lokal.