Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan Bagikan Kisah Sukses UMKM Berdayakan Difabel, Perempuan dan Petani

By Livia, Jumat, 10 November 2023 | 16:00 WIB
Tokopedia rayakan Hari Pahlawan bagikan kisah sukses UMKM berdayakan difabel, perempuan dan petani. (dok.pribadi)

Stylo Indonesia - Para UMKM lokal telah berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI pun mencatat jumlah persentase UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha, sedangkan UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 96,9%.

“Menyambut Hari Pahlawan 10 November 2023, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi nasional. UMKM Indonesia telah membuktikan ketangguhan mereka saat menghadapi pandemi Covid-19 lalu, bahkan menjadi kunci pemulihan ekonomi hingga pascapandemi,” ungkap Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari.

Tokopedia terus mendukung pengembangan UMKM Indonesia lewat Inisiatif Hyperlocal dan deretan fitur relevan “Melalui inisiatif Hyperlocal Tokopedia, UMKM Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang. Dengan teknologi geo-tagging, inisiatif Hyperlocal Tokopedia bisa mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada,” tuturnya. 

“Hyperlocal Tokopedia memiliki berbagai manifestasi. Salah satunya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM Indonesia menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” jelasnya. 

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga, Lebih Hemat Belanja di Tokopedia Bebas Biaya Jasa Aplikasi dengan PLUS!

Ratnawati Sutedjo, Owner Precious One (dok.pribadi)

Berkat Tokopedia Hyperlocal, Daerah berikut mengalami kenaikan transaksi serta jumlah penjual yang pesat saat pascapandemi. 

Precious One (Jakarta), Kraosan (Kab. Magelang, Jawa Tengah) dan Awi Coffee (Binjai, Sumatra Utara) adalah tiga contoh UMKM Indonesia di Tokopedia sekaligus pahlawan ekonomi yang memberdayakan masyarakat sekitar.

Ratnawati Sutedjo, Owner Precious One, memiliki kecintaan terhadap kerajinan tangan.

Ia pun membangun bisnis sosial pada 2004 bersama teman difabel.