Stylo Indonesia - Keinginan pelanggan makin hari makin berubah.
Mereka tidak lagi hanya mencari barang atau jasa biasa, tetapi juga mencari pengalaman yang luar biasa.
Maksimalkan nilai tambah dalam pengalaman pelanggan (customer experience) telah menjadi salah satu hal yang sangat penting.
Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, telah berusaha keras untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya melalui Tokopedia Care - sebuah pusat layanan pelanggan yang sepenuhnya berbasis digital dan tersedia 24/7 melalui berbagai saluran komunikasi.
Hal ini bertujuan agar pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dapat diatasi dengan cepat, tepat, dan transparan.
Rudy Dalimunthe, Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, menjelaskan, "Tokopedia Care mengintegrasikan tiga elemen utama dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik, yaitu human touch melalui tim Customer First Squad (CFS), teknologi, dan suara pelanggan dengan memperhatikan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan."
Tokopedia saat ini telah mencapai penetrasi pasar hingga 99% kecamatan di seluruh Indonesia, dengan pelanggan yang mencakup pembeli dan penjual.
Untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan, ribuan anggota tim Tokopedia, termasuk CFS, terus berinovasi dalam bidang customer experience.
Salah satu inovasi yang telah diterapkan adalah manajemen berbasis layanan, di mana penanganan pertanyaan pelanggan disesuaikan berdasarkan topik tertentu.
Hal ini memungkinkan Tokopedia Care untuk memberikan solusi yang lebih akurat dan personalisasi pengalaman pelanggan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Baca Juga: Tips Berbisnis ala Larissa Aesthetic Center, Sukses dalam Industri Kecantikan di Tokopedia
Rudy juga menyebutkan, "Tokopedia Care juga telah berinvestasi dalam kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi customer experience melalui asisten virtual Tokopedia Care (TANYA) serta mengembangkan sistem pemantauan aktivitas internal dan sentimen eksternal secara real-time."
Selain melayani pembeli, Tokopedia juga menjadi rumah bagi lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100% pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, yang memiliki peran penting dalam mendukung lebih dari 60% Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.
Tokopedia Care bertujuan untuk memberikan nilai tambah kepada para penjual ini dengan menyediakan layanan high-end experience.
Ini mencakup interaksi dalam aplikasi, seperti kurasi artikel bantuan yang dirancang khusus untuk penjual, komunikasi berbasis digital, dan komunikasi lewat Relationship Manager (RM) dan CFS.
Dengan komitmen ini, Tokopedia terus berupaya untuk memastikan bahwa pelanggan dan penjualnya mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan penuh nilai tambah di platform mereka. (*)
#SemuaBisaCantik