Hari Pelanggan Nasional, Inovasi Customer Care Tokopedia Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

By Novita Ibnati Awalia, Senin, 4 September 2023 | 17:00 WIB
media briefing bersama Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Stylo Indonesia - Keinginan pelanggan makin hari makin berubah.

Mereka tidak lagi hanya mencari barang atau jasa biasa, tetapi juga mencari pengalaman yang luar biasa.

Maksimalkan nilai tambah dalam pengalaman pelanggan (customer experience) telah menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, telah berusaha keras untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya melalui Tokopedia Care - sebuah pusat layanan pelanggan yang sepenuhnya berbasis digital dan tersedia 24/7 melalui berbagai saluran komunikasi.

Hal ini bertujuan agar pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dapat diatasi dengan cepat, tepat, dan transparan.

Rudy Dalimunthe, Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, menjelaskan, "Tokopedia Care mengintegrasikan tiga elemen utama dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik, yaitu human touch melalui tim Customer First Squad (CFS), teknologi, dan suara pelanggan dengan memperhatikan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan."

Tokopedia saat ini telah mencapai penetrasi pasar hingga 99% kecamatan di seluruh Indonesia, dengan pelanggan yang mencakup pembeli dan penjual.

Untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan, ribuan anggota tim Tokopedia, termasuk CFS, terus berinovasi dalam bidang customer experience.

Salah satu inovasi yang telah diterapkan adalah manajemen berbasis layanan, di mana penanganan pertanyaan pelanggan disesuaikan berdasarkan topik tertentu.

Hal ini memungkinkan Tokopedia Care untuk memberikan solusi yang lebih akurat dan personalisasi pengalaman pelanggan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga: Tips Berbisnis ala Larissa Aesthetic Center, Sukses dalam Industri Kecantikan di Tokopedia

Rudy juga menyebutkan, "Tokopedia Care juga telah berinvestasi dalam kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi customer experience melalui asisten virtual Tokopedia Care (TANYA) serta mengembangkan sistem pemantauan aktivitas internal dan sentimen eksternal secara real-time."