National Geographic Indonesia Siapkan Sisir Pesisir, Himpun Potensi dan Ancaman Ekologi Laut dan Pantai dengan Kolaborasi

By Cerysa Nur Insani, Selasa, 18 Juli 2023 | 17:00 WIB
National Geographic Indonesia Siapkan Sisir Pesisir, Himpun Potensi dan Ancaman Ekologi Laut dan Pantai dengan Kolaborasi (Warsono)

Stylo Indonesia - National Geographic Indonesia menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun Sisir Pesisir.

Diskusi ini mengundang beberapa peneliti dari lembaga riset serta berbagai penggiat komunitas yang terkait dengan bidang kelautan dan pesisir.

Acara diskusi Sisir Pesisir ini diselenggarakan pada Kamis, 13 Juli 2023, di Gedung Grid Network, Perkantoran Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta.

Dalam Diskusi Sisir Pesisir ini, Editor in Chief National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim memaparkan rencana baik National Geographic Indonesia untuk mengadakan program Sisir Pesisir.

Pada dasarnya, program Sisir Pesisir adalah kegiatan survei kondisi pesisir di seluruh Indonesia.

Untuk itu, perlu dirumuskan bersama lokasi, metode, dan parameter apa saja yang akan digunakan dalam kegiatan survei Sisir Pesisir ini.

Didi berkisah, dulu National Geographic Indonesia sudah pernah melakukan kegiatan survei pesisir di Indonesia.

Kegiatan itu juga melibatkan berbagai komunitas yang bergiat di sekitar pesisir Indonesia.

"Tahun 2007 ada kegiatan yang namanya Indonesia Reef Check. Kegiatan itu dilakukan dengan pertanyaan besarnya: Apa yang terjadi di pesisir Indonesia setelah tsunami besar menghantam kita?" tutur Didi.

Kali ini, pertanyaan besarnya adalah dengan populasi manusia di dunia yang telah mencapai 8 miliar orang, apa dampak kepadatan penduduk ini terhadap kondisi pesisir Indonesia?

Baca Juga: Program National Geographic Indonesia SayaPilihBumi Luncurkan CircularCityProject Sebagai Solusi Pengurangan Sampah