Kenali 9 Tanda Kekerasan dalam Hubungan dengan Pasangan, YSL Beauty Luncurkan Program Abuse is Not Love

By Cerysa Nur Insani, Senin, 3 Juli 2023 | 15:15 WIB
Kenali 9 Tanda Kekerasan dalam Hubungan dengan Pasangan, YSL Beauty Luncurkan Program Abuse is Not Love (Dok. YSL Beauty Indonesia)

Stylo Indonesia - Stylovers, apakah kamu sudah mengenali apa saja tanda kekerasan dalam hubungan dengan pasangan?

Berdasarkan data Catatan Tahunan Komnas Perempuan 2023, kekerasan dalam hubungan dengan pasangan mendominasi pengaduan ke Komnas Perempuan di kategori ranah personal.

Tercatat ada 713 kasus kekerasan yang dilakukan oleh mantan pacar, 622 kasus kekerasan terhadap istri, dan 422 kasus kekerasan dalam pacaran.

Kekerasan dalam hubungan dengan pasangan adalah salah satu masalah sosial utama yang bisa terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari kekerasan fisik, seksual, emosional, finansial, hingga pengendalian perilaku oleh pasangan.

Kekerasan dalam hubungan bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki, dengan prevalensi terbesar terjadi pada generasi muda berusia 16 hingga 24 tahun .

Salah satu faktor kekerasan ini terus terjadi adalah karena adanya kesalahpahaman dalam masyarakat tentang hubungan yang sehat dengan pasangan.

Seringkali, kekerasan ini juga malah dinormalisasi sebagai bentuk ekspresi cinta.

Berdasarkan penelitian, kekerasan dalam hubungan dengan pasangan seringkali berawal dari perilaku yang menjadi tanda-tanda kekerasan .

Lewat program Abuse is Not Love, Yves Saint Laurent (YSL) Beauty menyampaikan sembilan tanda kekerasan dalam hubungan dengan pasangan di antaranya Mengabaikan, Mengancam, Meremehkan, Memanipulasi, Mencemburui, Mengontrol, Mengintrusi, Mengisolasi, dan Mengintimidasi.

YSL Beauty Indonesia meluncurkan Abuse is Not Love, program global yang bertujuan untuk melawan kekerasan dalam hubungan dengan pasangan lewat kerjasama dengan Yayasan Pulih.

Baca Juga: Gaya Hidup Urban Sebabkan Tanda Kelelahan di Kulit, YSL Beauty Hadirkan The Power Duo Sebagai Solusinya