Tren Belanja Online Masih Tinggi, Tokopedia Paparkan Tren Belanja dan Inovasi Selama 2022

By Cerysa Nur Insani, Senin, 9 Januari 2023 | 15:45 WIB
Tokopedia Paparkan Tren Belanja dan Inovasi Selama 2022 (Freepik)

Stylo Indonesia - Aktivitas belanja online tampaknya masih menjadi pilihan masyarakat, didukung oleh animo masyarakat menggunakan aplikasi belanja online Tokopedia sepanjang 2022 yang masih tinggi.

Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia memaparkan kategori produk terpopuler hingga pengiriman terjauh di tahun 2022.

“Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Ekhel.

Wah, mungkin Stylovers juga merupakan salah satu yang berkontribusi dalam tren belanja di Tokopedia tahun lalu, nih!

Untuk mendukung UMKM dan membantu masyarakat mendapatkan kebutuhannya lewat aplikasi belanja online, Tokopedia mengencarkan beberapa inisiatif  dengan pendekatan Hyperlocal yang didukung oleh teknologi geo-tagging.

Di antaranya seperti Dilayani Tokopedia serta Tokopedia NOW! yang merupakan layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam.

Di tahun 2022, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat.

Produk seperti popok anak, sembako, dan detergen adalah produk-produk yang paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia.

“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.

Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan, dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW!

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Penjualan Hampers dan Tiket Taman Hiburan Melonjak di Tokopedia