Stylo Indonesia - Masyarakat Indonesia yang merupakan mayoritas muslim memiliki gaya hidup dan kebutuhan yang perlu dipenuhi secara syariah.
Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan pasar syariah dengan menghadirkan produk, fitur, dan layanan yang baik dan amanah.
Mulai dari kebutuhan untuk penampilan sehari-sehari seperti pada subkategori Fesyen Muslim yang ada di Tokopedia Salam.
Beberapa produk yang paling diburu masyarakat adalah hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset, dan hijab instan.
Sedangkan pada produk Perlengkapan Ibadah, mukena, tasbih, sajadah, baju ihram, dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.
Tak sampai di situ, masyarakat juga dapat membayar zakat, wakaf, dan donasi dengan mudah dari mana saja lewat fitur yang ada di Tokopedia Salam.
Bahkan, fitur ini menjadi beberapa fitus yang paling banyak digunakan oleh masyarakat lewat Tokopedia Salam.
“Fitur pembayaran zakat, wakaf dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III 2022,” tutup External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Tren Belanja Kuartal III 2022
Sejumlah kategori produk tercatat menjadi yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di Tokopedia selama kuartal III 2022.
“Tokopedia mencatat Rumah Tangga, Makanan dan Minuman (Makmin), serta Kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III 2022,” ungkap Rizky.
Pada kategori Rumah Tangga, produk benih/bibit tanaman, keran air, dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak dicari.
Sedangkan di kategori Makmin, mie instan, susu bubuk, serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli.
Di kategori Kesehatan, masker, obat herbal, dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris.
Melalui inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama di 2021.
Di antaranya wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi terjadi di Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), dan Balikpapan (Kalimantan Timur).
Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi terjadi di Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan). (*)
Baca Juga: Renovasi Pembangunan Panti Asuhan di Depok Bersama Tokopedia