Tokopedia Dekatkan Pembeli dan Penjual Lokal dengan Geo-Tagging dan Tokopedia Play

By Cerysa Nur Insani, Rabu, 20 Juli 2022 | 12:45 WIB
Tokopedia Dekatkan Pembeli dan Penjual Lokal dengan Geo-Tagging dan Tokopedia Play (Dok. Tokopedia)

Stylo Indonesia - Telah melewati tengah tahun, Tokopedia menyampaikan tren belanja semester I 2022 dan inisiatif yang dilakukan untuk mendukung pegiat usaha lokal.

Hal ini disampaikan pada konferensi pers virtual yang diadakan Selasa (19/07/2022) lalu.

“Sepanjang semester I 2022, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia,” ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

“Sementara, minyak dan buah menjadi beberapa produk harian yang paling banyak dibeli masyarakat,” lanjut Ekhel.

Dengan tingginya tren belanja tersebut, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung pegiat usaha lokal, misalnya dengan Hyperlocal.

Inisiatif tersebut menggunakan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Dengan begitu, belanja produk kebutuhan sehari-hari bisa lebih efisien karena ongkos kirim lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menjangkau pembeli.

Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar, dan Bantaeng merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021.

Deretan inisiatif Tokopedia lainnya seperti Home Living SALEbrations, Tokopedia Nyam!, Cantik Fest, Tokopedia Peduli Sehat, dan Tokopedia Tekno juga turut menciptakan temuan menarik seputar perilaku belanja online masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Produk Fashion Muslim Dicari Jelang Iduladha 2022, Intip Rekomendasi Brand Lokalnya di Tokopedia!

“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I 2022 adalah dari Bandung ke Jayapura,” tambah Ekhel.

Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan transaksi antar pulau paling tinggi selama semester I 2022 terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa, serta Papua-Bali dan NTT.

Sementara beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada semester I 2022, yaitu Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar, hingga Keerom.

Selain itu, Tokopedia juga memiliki kanal video streaming Tokopedia Play.

Sejak diluncurkan pada 2020, kanal Tokopedia Play terus memberikan panggung bagi pegiat usaha lokal.

Kanal ini bisa menjadi penghubung antara penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan dengan lebih aman dan nyaman sekaligus interaktif dan menghibur.

“Pada kuartal II 2022 terjadi peningkatan transaksi lewat Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” jelas Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play, Nirmala Rahmawati Hapsari.

Lewat Tokopedia Play, pengguna bisa menikmati berbagai tayangan seru seperti live shopping, olahraga, memasak, dan masih banyak lagi.

“Inisiatif ini merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce, di mana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” tambah Nirmala.

Baca Juga: Hari Keluarga Nasional, Ini 5 Tips Manfaatkan Libur Sekolah Bersama Si Kecil dari Psikolog dan Tokopedia

Berbagai manfaat juga bisa didapatkan oleh para penjual.

Mulai dari peluang promosi, membangun brand awareness, meningkatkan engagement toko dan penjualan, hingga dapat mengikuti berbagai kampanye dari Tokopedia Play untuk menggaet perhatian calon pembeli.

“Kecantikan, Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia Play selama semester I 2022,” ujar Nirmala.

Selain itu, live shopping yang paling banyak ditonton lewat Tokopedia Play antara lain Ramadan Ekstra, Cantik Fest TV Show, dan Diskonvaganza.

“Temuan yang juga menarik, salah satu pembelian tercepat pada Tokopedia Play terjadi dalam waktu 1,37 detik,” tutup Nirmala. (*)

Baca Juga: HUT DKI Jakarta ke-495, Intip Produk Lokal UMKM Jakarta Rekomendasi Tokopedia