Stylo Indonesia - Telah melewati tengah tahun, Tokopedia menyampaikan tren belanja semester I 2022 dan inisiatif yang dilakukan untuk mendukung pegiat usaha lokal.
Hal ini disampaikan pada konferensi pers virtual yang diadakan Selasa (19/07/2022) lalu.
“Sepanjang semester I 2022, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia,” ungkap Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
“Sementara, minyak dan buah menjadi beberapa produk harian yang paling banyak dibeli masyarakat,” lanjut Ekhel.
Dengan tingginya tren belanja tersebut, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung pegiat usaha lokal, misalnya dengan Hyperlocal.
Inisiatif tersebut menggunakan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.
Dengan begitu, belanja produk kebutuhan sehari-hari bisa lebih efisien karena ongkos kirim lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menjangkau pembeli.
Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar, dan Bantaeng merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021.
Deretan inisiatif Tokopedia lainnya seperti Home Living SALEbrations, Tokopedia Nyam!, Cantik Fest, Tokopedia Peduli Sehat, dan Tokopedia Tekno juga turut menciptakan temuan menarik seputar perilaku belanja online masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Produk Fashion Muslim Dicari Jelang Iduladha 2022, Intip Rekomendasi Brand Lokalnya di Tokopedia!
“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I 2022 adalah dari Bandung ke Jayapura,” tambah Ekhel.