Jurnal Pejuang Haid Khairiah El Marwiah: Sempat Panik saat Mengalami Haid Pertama, Pikiran Jadi Terbuka Setelah Mendapat Edukasi dari Kakak

By Layla Ekrep, Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:17 WIB
Jurnal Pejuang Haid Khairiah El Marwiah (Dok. Pribadi Khairiah El Marwiah)

Stylo Indonesia - Hai, Stylovers! Stylo Indonesia kini hadir dengan kanal Jurnal Pejuang Haid yang berisikan cerita pengalaman para sahabat perempuan atau Stylovers mengenai semua masalah terkait menstruasi.

Melingkupi faktor kesehatan dan psikologis serta yang berujung kepada penampilan kulit, Jurnal Pejuang Haid juga akan berbagi tips bagaimana setiap sahabat perempuan atau Stylovers berdamai dengan nyeri haid yang kerap menyerang. 

Jurnal Pejuang Haid yang ke-6 datang dari Khairiah El Marwiah yang sempat panik saat mengalami haid pertama kali. 

Yuk, simak percakapan Stylo Indonesia dengan Khairiah El Marwiah tentang pengalaman seputar haid yang informatif lagi inspiratif, berikut ini!

Apa saja perbedaan gejala atau reaksi tubuh sepanjang siklus haid?

Khairiah: "Siklus haid yang aku alami dapat dibilang teratur serta dapat juga ditebak tanggal datang haid.

Reaksi tubuh yang aku rasakan sebelum haid badan terasa sakit di beberapa bagian, tidur enggak nyenyak, tumbuh jerawat hormonal, serta nafsu makan yang tidak stabil. Setelah masa haid berakhir, semuanya kembali normal lagi dan aku merasa lebih sehat." 

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah psikologi seputar siklus haid?

Khairiah: "Seperti perempuan pada umumnya, kalau lagi dalam masa haid aku termasuk sensitif, jadi bawaannya bisa cepat marah atau bisa juga stres enggak menentu."

Baca Juga: Cerita Pertama Kali Berhijab Arum Cahya Putri: Mantap Berhijab Pasca Kelahiran Putri Pertama

Apakah ada cara tertentu dari kamu untuk mengatasi masalah nyeri saat haid?