Cerita Pertama Kali Berhijab Ishmah Nabila: Sempat Tidak Konsisten Mengenakan Hijab, Tanggung Jawab Seorang Anak Perempuan jadi Alasan Mantap Berhijab

By Layla Ekrep, Selasa, 26 April 2022 | 18:00 WIB
Cerita Pertama Kali Berhijab Ishmah Nabila: Sempat Tidak Konsisten Mengenakan Hijab, Tanggung Jawab Seorang Anak Perempuan jadi Alasan Mantap Berhijab. (Dok. Pribadi Ishmah Nabila)

Stylo Indonesia - Hai Stylovers, kali ini Stylo Indonesia kembali membagikan cerita terpilih pengalaman Pertama Kali Berhijab yang inspiratif dan seru.

Cerita Pertama Kali Berhijab kali ini datang dari Ishmah Nabila yang sempat tidak konsisten mengenakan hijab dan akhirnya mantap berhijab saat sadar akan kewajiban sebagai seorang anak perempuan. 

Nah, kira-kira apa saja cerita menarik nan inspiratif yang menemani proses berhijab dari Ishmah Nabila sejak Pertama Kali Berhijab?

Yuk, simak percakapan Stylo Indonesia dengan Ishmah Nabila berikut ini!

Bagaimana cerita pertama kali berhijab?

Ishmah: “Saya lahir dari keluarga Muslim yang taat. Sejak kecil saya bersekolah madrasah di desa yang notabene selalu berhijab. Namun ketika saya mulai berkuliah di luar kota dan nge-kos, iman saya mulai goyah ketika melihat teman-teman yang memamerkan rambut indahnya tanpa hijab, saya merasa saya akan diterima oleh mereka jika saya menyamakan diri dengan mereka. Beberapa kali saya sempat lepas pasang hijab meski hanya sebentar. 

Tak berapa lama saya sampai pada momen yang mana menjadi titik balik dalam hidup saya, yaitu ketika ayah saya meninggal dunia. Akhirnya hal itu pula yang menjadi motivasi saya untuk membenahi diri menjadi lebih baik, saya mulai istiqomah untuk kembali berhijab. Saya merasa sangat menyesal sempat melepas hijab meski hanya sebentar, karena dosa anak gadis ditanggung oleh ayahnya.”

Ada kendala saat mulai berhijab? 

Ishmah: “Ketika saya pernah lepas hijab dan mulai teguh kembali untuk berhijab, ada beberapa teman yang kaget dan meremehkan, “Nanti juga dibuka lagi (hijab)”, katanya. Namun hal ini tidak seberapa dibanding rasa bersalah saya pada almarhum ayah yang menjadikan dorongan untuk saya agar teguh pada pendirian untuk tetap berhijab.”

Baca Juga: Cerita Pertama Kali Berhijab Pramesthy Kaulaswara: Sempat Menjadi Model dan Dancer, Kini Berani Berhijrah Menggunakan Hijab

Adakah perbedaan perlakuan dari lingkungan saat mulai berhijab? Jika ya, bagaimana adaptasinya?