Perdana Digelar, Smesco dan Lakon Indonesia Angkat UMKM Fashion Daerah

By Livia, Jumat, 12 November 2021 | 12:45 WIB
Perdana digelar, Smesco dan Lakon Indonesia angkat UMKM fashion daerah. (dok.pribadi)

Stylo Indonesia - Smesco Indonesia berkolaborasi dengan Lakon Indonesia menggelar pagelaran perdana dalam rangka mengangkat UMKM fashion daerah di Indonesia atau KRTA pada 11 November 2021.  

KRTA yang dibaca 'Kerta' ini, berasal dari bahasa Sansekerta, Ker memiliki arti karya.

KRTA merupakan salah satu hasil inisiatif "Future Fashion" dari Smesco LABO yang digagas oleh Leonard Theosabrata selaku direktur utama Smesco Indonesia, di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.

Smesco LABO memiliki 4 pilar yang akan dikembangkan untuk menjadi UMKM masa depan yakni sektor makanan, kriya, fashion dan otomotif.

Dalam pagelaran perdana ini dihadirkan rangkaian koleksi pakaian dengan nama Aradhana  yang terdiri dari 60 looks menggunakan wastra dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. 

Mulai dari batik, tenun ikat, songket, ulos dan kain tenun lainnya yang dapat ditemukan pada koleksi perdana kolaborasi Smesco dan Lakon Indonesia. 

Acara ini langsung didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop), Bank Indonesia (BI) serta Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Saya ingin mengajak semuanya untuk sejenak mencoba membayangkan jika siluet yang dihadirkan dan ditampilkan dalam KRTA ini kelak dapat diterima di masyarakat sebagai pakaian Indonesia yang baru," ujar Leonard dalam acara konferensi pers di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (8/11/21).

Baca Juga: Sukses Mendunia, Intip Koleksi Batik Durian Lubuklinggau JYK di Milan Fashion Week 2021

Founder Lakon Indonesia, Theresia Mareta menerangkan pihaknya ingin membagikan ilmu kepada UMKM agar dapat naik kelas dan memiliki mata pencaharian yang panjang di masa depan.

Lakon Indonesia melakukan riset pengambangan pola sampai dengan membuat contoh produk yang akan menjadi baham pelatihan dan pembinaan untuk UMKM nantinya.