Pakai Obat Jerawat saat Hamil, Aman atau Berbahaya? Ini Penjelasan Ahli

By Grace Kencana Pranata, Senin, 19 Juli 2021 | 15:40 WIB
Pakai Obat Jerawat saat Hamil, Aman atau Berbahaya? Ini Penjelasan Ahli (freepik.com)

Stylo Indonesia - Bagi Ibu hamil, biasanya lebih selektif dalam memilih skincare, begitu juga ketika hendak pakai obat jerawat saat hamil.

Bermaksud ingin menghilangkan masalah, pertimbangan pakai obat jerawat saat hamil tak hanya bisa dilihat dari satu sisi saja.

Ketika hendak pakai obat jerawat saat hamil, perlu diperhatikan sisi aman atau berbahaya bagi kulit ibu dan perkembangan janin.

Hal ini lantaran, pakai obat jerawat saat hamil bisa memengaruhi perkembangan janin yang sedang di dalam perut ibu.

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, "Ketika pertama kali saya meresepkan obat tersebut pada tahun 1980-an, saya sangat hati-hati karena takut akan efek samping dari obat tersebut," Dr David Henry dari Institute for Clinical Evaluative Sciences di Toronto mengatakan kepada Reuters Health.  

Baca Juga: Bolehkah Mandi Air Dingin Setelah Tersengat Sinar Matahari? Ini Jawaban Ahli!

Saat ini sejumlah penelitian dari beberapa negara telah menunjukkan bahwa wanita yang diresepkan isotretinoin tidak menyadari atau mungkin mengabaikan tentang anjuran untuk menunda kehamilan hingga perawatan dengan obat tersebut selesai.

Stylovers, menurut Henry dan rekannya, catatan resep yang dibuat dari tahun 1996 hingga 2011 untuk memperkirakan seberapa sering kehamilan terjadi saat wanita menjalani pengobatan dengan isotretinoin.

Baca Juga: 4 Serum Lokal dengan Kandungan Hyaluronic Acid, Ampuh Cegah Penuaan Dini!