Vaksin Covid-19 Berefek Samping Pada Kulit, Ini Pemaparan Ahli

By Grace Kencana Pranata, Kamis, 10 Juni 2021 | 10:55 WIB
Vaksin Covid-19 Berefek Samping Pada Kulit, Ini Pemaparan Ahli (freepik.com)

Stylo Indonesia - Pemberian vaksin Covid-19 yang sudah dirasakan sebagian orang ternyata memiliki efek samping yang tidak hanya dirasakan tubuh bagian dalam.

Beberapa kasus, masuk juga laporan mengenai reaksi kulit di lokasi bekas suntikan vaksinasi.

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, reaksi kulit akibat vaksinasi Covid-19 bisa dirasakan seseorang, akan tetapi, sebagian besar efek vaksin pada kulit cenderung ringan.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian mengenai reaksi kulit pasca vaksinasi Covid-19 yang diterbitkan secara online pada 7 April lalu dalam Journal of American Academy of Dermatology.

Nah Stylovers, dilansir dari Medical Xpress, Selasa (13/4/2021), Devon E. McMahon dari Harvard Medical School di Boston dan timnya telah mengevaluasi dan menganalisis reaksi kulit setelah vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Berusaha Tegar di Depan Publik Meski Terus Dihujat, Ayu Ting Ting Akhirnya Bongkar Hal yang Paling Menyedihkan Saat Gagal Nikah dengan Adit Jayusman

Warga Amerika Serikat sejak akhir tahu 2020, telah menerima suntikan vaksin Pfizer dan disusul vaksinasi dengan vaksin Moderna. 

Para peneliti melaporkan, kalau sejak Desember 2020 hingga Februari 2021, terdapat 414 reaksi kulit terhadap suntikan vaksin mRNA Covid-19, baik vaksin Moderna maupun vaksin Pfizer yang dikembangkan bersama BioNTech.

Hasilnya, dari data tersebut, 83 persen reaksi kulit terjadi pasca-suntikan vaksin Moderna dan 17 persen reaksi kulit ditunjukkan pada penerima vaksin Pfizer.

Baca Juga: 3 Hasil Akhir Tampilan Bibir Ini akan Didapat saat Kenakan Lip Tint!