Brand Clothing Lokal Ini Semakin Bersinar di Masa Pandemi Lewat Platform Online, Intip Yuk!

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 26 Maret 2021 | 19:00 WIB
Brand Clothing Lokal Ini Semakin Bersinar di Masa Pandemi Lewat Platform Online, Intip Yuk! (www.instagram.com/animous.co)

Stylo Indonesia - Brand clothing lokal kini semakin digemari dan berkembang dalam industri fashion Indonesia.

Selain menawarkan pilihan busana dengan desain yang relevan dengan selera dan tren dalam negeri, brand clothing lokal juga menawarkan kenyamanan yang pas dengan aktivitas sehari-hari.

Belum lagi, brand clothing lokal memiliki harga yang lebih terjangkau dan cenderung lebih mudah untuk didapatkan.

Tak heran jika kini brand clothing lokal menjadi pilihan utama dalam berbelanja pakaian, terutama bagi anak muda.

Bagaimana denganmu nih, Stylovers? Mungkin Stylovers juga sudah sering berbelanja pakaian dari brand clothing lokal bahkan mungkin sudah memiliki brand clothing lokal yang menjadi favorit.

Dengan semakin banyaknya brand clothing lokal yang terus berkembang bahkan bermunculan yang baru setiap tahunnya, tentu setiap brand clothing lokal perlu memiliki ciri khas mereka masing-masing agar bisa menarik perhatian publik.

Salah satunya adalah Animous, brand clothing lokal asal Bandung yang memiliki ciri khas gambar binatang dengan sentuhan yang unik.

Baca Juga: Pentingnya Kemeja Putih untuk Setiap Perempuan, Tak Lekang oleh Waktu!

Ciri khas binatang sebagai tema utama dari Animous tercetus di benak Renan Hermanto selaku founder dari Animous, secara hampir tidak sengaja.

Sebuah tayangan di televisi menjadi inspirasi Renan yang kala itu tengah berdiskusi dengan seorang teman mengenai rencana membangun brand clothing lokal, dan dari situlah Animous berdiri.

“Ya kepikiran gimana kalau binatang aja, karena di sekeliling kita kan banyak nih hewan, dekatlah dengan kita. Dicobalah waktu itu untuk bikin tema binatang,” jelas Renan, founder Animous.

Renan Hermanto, founder Animous. (Dok. Pribadi)

Bukan sekadar gambar binatang biasa, desain pada produk Animous juga kerap mengadaptasi gaya desain yang tengah menjadi tren atau unsur desain lainnya seperti tipografi.

Perpaduan inilah yang membuat desain pada produk Animous tampak selalu kekinian dan unik, sekaligus tetap khas dengan tema binatang yang diangkat.

“Saya enggak memfokuskan pada gaya desain tertentu ya, karena semua desain tuh unik dan punya ciri khasnya masing-masing. Namun terkadang desain disesuaikan dengan trennya, misal lagi tren tipografi ala-ala Jepang, kita sesuaikan supaya brand kita bisa tetap relevan,” jelas Renan.

“Yang terutama adalah bagaimana tema binatang yang menjadi ciri khas Animous bisa tetap ada dalam pengaplikasiannya,” lanjutnya.

Sejak pertama diluncurkan dengan hanya produk t-shirt pada tahun 2014, kini Animous sudah memiliki ragam koleksi hingga jaket, hoodie, topi, tas, dan sandal.

Pilihan produk Animous kini beragam dari t-shirt hingga jaket, topi, tas, dan lain-lain. (www.instagram.com/animous.co)

Lebih menarik lagi, semua produk Animous dirancang unisex sehingga bisa digunakan baik untuk laki-laki maupun perempuan dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja hingga dewasa.

Ciri khas lain dari brand ini adalah hanya menyediakan dua pilihan warna untuk setiap produknya yaitu hitam dan putih.

Produk Animous memiliki desain simpel yang unisex dan cocok untuk remaja hingga dewasa. (www.instagram.com/animous.co)

Dengan begitu, produk Animous cocok banget untuk Stylovers atau siapa saja yang menyukai pilihan busana yang simpel dan mudah dipadupadankan dengan model pakaian dan aksesori lainnya.

Dengan desain yang unik dan kekinian, pilihan model yang simpel, dan material yang nyaman, Renan merasa produk Animous sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari terutama bagi kaum urban.

“Yang beli itu kebanyakan anak muda di kawasan urban makanya sepertinya produk kami ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari, untuk ke kampus, nongkrong, atau untuk liburan, jalan-jalan, traveling juga cocok,” jelasnya.

Baca Juga: Tips Mencoba Skincare Lokal yang Aman dan Berkualitas, Dukung Produk Indonesia!

Platform Online Jadi Solusi Bertahan di Kala Pandemi

Masa pandemi Covid-19 memengaruhi seluruh lini bisnis, tak terkecuali industri fashion. Renan pun sempat mengalami kesulitan dengan Animous di awal masa pandemi.

Event bazaar fashion yang biasanya diselenggarakan beberapa kali dalam setahun menjadi ajang bagi banyak brand clothing lokal untuk memasarkan produk mereka.

Namun, sejak adanya pandemi event bazaar fashion tak lagi dilaksanakan, membuat banyak brand clothing lokal harus memutar otak menemukan cara untuk tetap bisa memasarkan produk mereka.

Platform online seperti Tokopedia menjadi solusi Animous untuk dapat bertahan di masa pandemi ini.

Awalnya, Renan mengaku mendaftar ke Tokopedia hanya sebagai syarat mengikuti event JakCloth yang masih dilaksanakan secara offline sebelum pandemi.

Namun, melihat minat pembeli di Tokopedia yang semakin tinggi, pada tahun 2020 Renan mulai memaksimalkan penggunaan platform Tokopedia untuk meningkatkan penjualannya yang sempat menurun di awal pandemi.

Animous juga turut berpartisipasi dalam event yang diadakan seperti JakCloth Online Tokopedia yang sudah mereka ikuti sebanyak 3 kali.

Animous sukses meningkatkan penjualan dengan berpartisipasi di JakCloth Online Tokopedia. (www.instagram.com/jakcloth)

Hasilnya, hingga kini Animous terbukti mengalami peningkatan penjualan lewat platform online Tokopedia hingga mencapai 80 pesanan per hari.

“Kalau hari biasa kita bisa menerima sampai 80 pesanan dalam sehari. Kita juga sering mengikuti event setiap bulannya seperti JakCloth Online Tokopedia atau Waktu Indonesia Belanja di mana pesanan bisa lebih banyak lagi,” papar Renan.

Dengan begitu, platform Tokopedia bisa menyumbang hingga 30 persen dari total omzet yang didapatkan oleh Animous setiap bulannya, bahkan hingga 50 persen pada event tertentu seperti JakCloth Online Tokopedia.

Renan juga mengaku sangat terbantu oleh tim Tokopedia yang selalu memberi arahan bagi brand yang berpartisipasi pada event mereka.

“Tim Tokopedia banyak memberikan masukan soal promosi produk, jadi sangat membantu bisnis kita,” ujar Renan.

Hal ini menunjukkan bahwa platform online bisa menjadi solusi bagi banyak brand clothing lokal yang mengalami kesulitan terutama di sisi penjualan akibat pandemi.

Baca Juga: Clothing Brand Korea Selatan NONA9ON Kolaborasi dengan Lisa BLACKPINK Luncurkan Koleksi Pakaian Terbarunya!

“Karena acara-acara offline sulit terlaksana sekarang ini, jadi event online yang diadakan Tokopedia seperti ini sangat membantu sekali buat brand lokal,” ujarnya.

Platform online seperti Tokopedia juga membantu brand lokal asal Bandung ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembeli dari berbagai daerah seperti dari kawasan Indonesia Timur termasuk Papua yang memiliki minat belanja tak kalah tinggi.

Selain itu, Renan juga merasa terbantu dengan fitur ‘Cash On Delivery’ pada platform Tokopedia yang memungkinkan semakin banyak pembeli bisa mendapatkan produk Animous.

Mengingat sebagian peminat Animous adalah pelajar yang mungkin belum memiliki rekening bank atau bagi peminat yang tinggal di daerah dengan akses yang jauh ke fasilitas umum, hal tersebut tidak menghalangi minat belanja mereka terhadap brand lokal seperti Animous dengan banyaknya fitur pembayaran yang ditawarkan di Tokopedia.

Menarik ya Stylovers, pilihan brand clothing lokal seperti Animous dengan desain yang unik serta nyaman ini. Selain itu, juga mudah didapatkan dari seluruh penjuru Indonesia lewat platform online.

Enggak ada alasan lagi nih untuk enggak mendukung produk brand clothing lokal yang berkualitas dan menarik! (*)