Tanpa Obat, Coba Redakan Nyeri Haid dengan 4 Langkah Mudah Ini

By Yussy Maulia, Sabtu, 19 Desember 2020 | 10:31 WIB
Ilustrasi nyeri di perut akibat haid. ()

Stylo.id – Kamu mungkin sering mengalami kram atau nyeri di bagian perut selama haid. Dunia medis menyebut kondisi ini dengan istilah dismenore. Penyebab rasa nyeri adalah kontraksi pada dinding rahim untuk meluruhkan lapisan yang menebal akibat siklus hormonal.

Hal ini hampir dialami oleh semua wanita. Namun, kadar nyeri yang dialami setiap orang berbeda-beda.  Ada yang merasa biasa-biasa saja, tetapi ada juga yang merasa sakit hingga berhari-hari.

Sakit perut saat haid memang sangat mengganggu, terlebih jika nyerinya begitu hebat. Aktivitas harian tidak bisa dilakukan dengan bebas.

Nah, sebelum kamu memutuskan mengonsumsi obat pereda rasa sakit, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti. Dengan melakukan hal-hal ini kamu dapat sedikit memperoleh kenyamanan dan bisa melanjutkan aktivitas.

Baca Juga: 5 Penyebab Darah Haid Keluar Hanya Sedikit, Jangan Keburu Panik!

1. Banyak minum air

Asupan air seringkali dianggap sepele. Padahal, minum air yang cukup dapat membuat otot-otot lebih rileks. Cobalah untuk meminum air hangat.

Selain melemaskan otot di sekitar perut sehingga rasa sakit mereda, air hangat juga bisa membantu menghilangkan kembung yang sering muncul menjelang haid.

Manfaat lainnya, dengan kebutuhan cairan tubuh yang cukup, badan juga akan terasa lebih sehat dan bisa beraktivitas dengan penuh semangat.

2. Konsumsi makanan sehat

Ketika haid, craving atau keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, biasanya muncul. Craving makanan manis paling sering dialami perempuan. Ketika craving muncul, cobalah bijaksana untuk memilih asupan makanan.

Craving rasa manis sebaiknya tidak dipenuhi dengan makan es krim, coklat atau kue-kue manis. Selama haid kamu disarankan untu memperbanyak makanan rendah lemak dan kaya serat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa kembung dan retensi air.