Asriyani Puteri: Berhasil Meniti Karier Sebagai Influencer Setelah Bergelut dengan Masalah Jerawat Sejak Kecil #InspirasiCantik

By Livia, Kamis, 12 November 2020 | 14:47 WIB
Asriyani Puteri: Berhasil meniti karier sebagai Influencer setelah bergelut dengan masalah jerawat sejak kecil #InspirasiCantik. (dok.pribadi)

Stylo Indonesia -  Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menganggu bagi semua orang termasuk Stylovers, bukan?

Yup, bukan tanpa alasan, munculnya jerawat dapat menganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama bagi para perempuan.

Stylovers pasti pernah mengalami hal tersebut, bukan?

Ditambah lagi, jerawat dapat membuat tampilan makeup menjadi tidak flawless dan mudah luntur.

Tak heran banyak orang terutama para perempuan nekat melakukan segala cara hingga rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mencegah dan menghilangkan jerawat.

Seperti yang dialami oleh Asriyani Puteri, narasumber #InspirasiCantik kali ini.

Perempuan cantik yang akrab dipanggil Asri ini akan berbagi kisahnya bagaimana dirinya mengalami jerawat sejak kecil hingga pengalaman dirinya menjadi seorang Acne Fighter.

Dari Asri, Stylovers yang sedang berjuang melawan jerawat bisa mengambil sebuah pelajaran baik tips, motivasi dan pentingnya merawat kulit wajah menggunakan skincare yang tepat secara rutin.

Yuk, simak kisah salah satu StyloBebs kali ini yang berhasil meniti karier sebagai influencer setelah bergelut dengan masalah jerawat sejak kecil. 

Baca Juga: Lita Gabriella: Kisah Acne Fighter yang Sukses Bangkit Percaya Diri dari Keterpurukan #InspirasiCantik

Mengalami Jerawat Parah Akibat Mencoba Berbagai Produk Skincare #InspirasiCantik

Sejak umur 8 tahun, diceritakan Asri kulit wajahnya mudah timbul jerawat.

Awalnya tidak terlalu parah, namun bagi Asri kulit berjerawat adalah kondisi yang sangat jarang dialami oleh anak-anak seusianya.

“Aku dan ibuku menganggap kulit berjerawat adalah bagian dari gejala pubertas.

Namun, ternyata sampai menginjak bangku SMP kondisi kulit wajahku tidak membaik hingga berlanjut sampai masa SMA,” cerita Asri mengawali kisahnya.

Memasuki bangku sekolah menengah ke atas, tidak dapat dipungkiri Asri sebagai remaja ia ingin tampil cantik dan menarik.

Kondisi kulitnya yang berjerawat alhasil memicu rasa insecure dan mengurangi rasa percaya diri perempuan cantik kelahiran 10 Juni 1998 ini saat bergaul dengan teman-temannya.

“Aku tidak merasa nyaman melihat diriku sendiri, terlebih jika ada teman yang memberi komentar atau bertanya tentang wajahku seperti Sri, muka lo kenapa? Kok jerawatan?” tuturnya.

Pertanyaan yang muncul dari teman-temannya membuat Asri semakin bingung dengan kondisi kulit wajahnya.

Penggunaan media sosial yang masih cenderung minim pada waktu dirinya masih SMA membuat Asri tidak mendapatkan informasi dan edukasi cara mengatasi dan menghilangkan jerawat dengan tepat.

Lulus SMA dan menduduki bangku kuliah, kondisi kulit wajah Asri yang berjerawat tidak menunjukan perubahan yang baik namun sebaliknya.

“Jerawat yang awalnya hanya muncul di dahi meluas menjadi ke seluruh bagian wajah.

Pada waktu itu, aku sering begadang, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula hingga dari faktor eksternal yaitu air di tempat kostku yang kurang bersih dan tidak ramah untuk membersihkan kulit wajahku,” cerita Asri pada Livi Stylo.

Karena panik jerawat memenuhi seluruh wajahnya, Asri mulai memberanikan diri mencoba berbagai macam produk skincare.

Hal itu ia lakukan tanpa memiliki pemahaman dan pengetahuan yang baik soal cara memilih dan menggunakan produk skincare dengan tepat.

Dengan adanya kejadian ini, Asri mulai membeli produk produk yang berlabel “anti-acne”

Setelah membeli produk skincare dengan lebal tersebut Asri berpikir bahwa jerawatnya akan berkurang dan menghilang dengan cepat.

Kebiasaan mencoba-coba berbagai macam produk skincare ini akhirnya justru membuat jerawat Asri beberapa kali timbul semakin banyak dan meradang.

Kondisi kulit wajah alumni Universitas Indonesia ini di masa kuliahnya dirasakan Asri jauh lebih buruk dibandingkan pada waktu dirinya masih menduduki bangku SMA.

Kometar dari teman-temannya Asri yang sering menanyakan kondisi kulit wajahnya ia hargai sebagai bentuk kepedulian dan saran.

Namun, hal tersebut juga membuat dirinya semakin bingung dan tidak tahu lagi harus bagaimana mengatasi masalah kulit wajahnya.

“Aku jadi tidak percaya diri, rasanya selalu ingin pakai masker untuk menutup wajahku. Aku juga jadi lebih sering menggunakan makeup yang tebal agar jerawatku bisa tertutupi dan seolah hilang.

Bahkan ketika aku sudah benar-benar bingung dan kesal dengan kulit wajahku, aku menggosokkan body scrub dan handuk basah pada kulit wajahku dengan harapan jerawatku bisa hilang.

Tentunya hal tersebut membuat jerawatku semakin parah hingga muncul jerawat nanah yang membuat wajahku bengkak,” kenang Asri penuh haru. 

Asriyani Puteri. (dok.pribadi)

Baca Juga: Mellati Khoirunnisa Fithriyana: Di Balik Kisah Body Shaming dan Cita-cita Jadi Fashion Desainer #InspirasiCantik

Perjuangan Asriyani Puteri Menjadi Seorang Acne Fighter #InspirasiCantik

Asri merasakan bagaimana perjuangan sebagai seorang Acne Fighter dengan mencoba berbagai macam cara untuk menyembuhkan masalah pada kulit wajahnya.

“Semenjak itu, aku mulai mencari lebih banyak informasi dan edukasi tentang self care bagaimana cara mengobati jerawat dengan tepat. Sebelumnya, aku sering membeli produk tanpa paham sama sekali apa yang baik dan tidak baik untuk kulit berjerawat,” ujar sulung dari 4 bersaudara ini.

Pikirnya menggunakan skincare apa saja dapat membuat jerawatnya sembuh dan membaik dengan cepat.

Bukannya membaik, jerawat Asri justru bertambah parah dan tak kunjung sembuh ataupun berkurang.

Perjuangannya tak berhenti sampai di situ saja, Asri mencari informasi lewat berbagai youtube chanel yang memberitahukan cara mengatasi masalah kulit berjerawat yang dialami orang lain seperti dirinya.

Asri juga mulai mencari tahu tentang kandungan skincare dan apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat kulit berjerawat dengan tepat.

“Semenjak itu aku mencoba mempelajari kandungan kandungan skincare dan manfaatnya serta cara penggunaannya dengan lebih detail. Aku juga mencari informasi di berbagai akun Instagram seperti Stylo salah satunya. Saat itu aku mengikuti banyak sekali akun dan mulai membagikan pengalaman menggunakan skincare pada akun Instagramku, @ay.puteri,” cerita Asri.

Baca Juga: Annisa Leona: Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain Karena Body Shaming #InspirasiCantik

Pengalaman Berharga Menjadi Seorang Acne Fighter #InspirasiCantik

Banyak hal yang telah Asri lewati sebagai seorang Acne Fighter hingga memberikannya sebuah pelajaran berharga dalam hidupnya.

Di tengah perjuangannya sebagai seorang Acne Fighter, ia menyadari pentingnya support orang sekitar untuk membantunya semangat melewati semua hal yang terjadi dalam hidupnya.

Untungnya, Asri memiliki teman dekat yang dapat memahami dirinya bahwa perjalanan menyembuhkan jerawat bukanlah hal yang mudah.

Selain itu, perempuan cantik yang pernah menempuh pendidikan arsitektur di Universitas Indonesia ini menyadari betapa berharganya pengalaman ini merubah cara pola pikir menjadi lebih bijaksana dan dewasa.

“Semenjak itu, aku menyadari bahwa sebuah "masalah" akan memaksa kita untuk "belajar" hal-hal baru dan membawa kita jadi lebih baik lagi.

Pengalaman menjadi seorang Acne Fighter membuatku yang awalnya tidak tertarik dengan skincare menyadari bahwa skincare adalah sebuah kebutuhan,” ungkap Asri.

Kini ia memahami bahwa merawat kulit wajah bukan lagi hal sekunder, namun sama pentingnya seperti "mandi setiap hari" yang harus dilakukan secara telaten agar tubuh selalu bersih.

Menjadi seorang Acne Fighter juga membuatnya belajar menjadi perempuan yang lebih percaya diri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ia miliki.

Asri juga menemukan cara pandang yang baru setelah menjadi seorang Acne Fighter memiliki jerawat adalah hal yang normal.

“Perlahan, keadaan kulitku menjadi lebih baik berkat trial dan error menggunakan skincare.

Memang kulitku tidak sepenuhnya bisa mulus dan terbebas 100% dari jerawat, namun aku memahami bahwa kulitku memang terlahir sensitif dengan jerawat.

Pada akhirnya aku bisa menerima kondisi tersebut dan tetap merawat kulit dengan baik tanpa merasa down,” cerita Asri dengan antusias.

Baca Juga: Eila Nurhasanah: Belajar Menghargai Diri Sendiri Setelah Terus Menerima Hinaan Fisik Sejak Remaja #InspirasiCantik

Mencari Solusi Masalah Fashion dan Beauty dari Stylo #InspirasiCantik

Fashion dan beauty merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi perempuan, tak terkecuali bagi Asri.

Kehadiran Stylo Indonesia membuat Asri merasa beruntung bisa mendapatkan inspirasi dan informasi terbaru cara untuk tampil cantik dan modis setiap saat.

Stylo Indonesia menjadi jawaban setiap permasalahan yang dihadapi dirinya sebagai perempuan.

Selain itu, ia juga bersyukur dan merasa beruntung bisa menjadi bagian dari Stylo Indonesia sebagai salah satu anggota Stylobebs Batch 1.

“Dari Stylo aku jadi lebih tau bagaimana caranya tampil modis dengan hijab, cara mix and match agar terlihat matching dengan mudah.

Aku juga jadi tahu harus pakai produk skincare dan makeup apa yang sesuai untuk kulit berjerawat yang mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau,” ujar Asri dengan antusias pada Livi Stylo.

Tips tampil modis untuk perempuan berhijab dan rekomendasi produk dengan harga terjangkau serta quiz fashion this or that pada akun Instagram Stylo diakui Asri merupakan konten favorit yang selalu dicarinya.

Menjadi salah satu anggota Stylobebs juga dirasakan Asri sangat membantu mencari insprirasi OOTD terbaru, mengasah skill dalam merias wajah dan mix dan match fashion yang benar dan tepat untuk tampil modis setiap saat.

Asriyani Puteri. (dok.pribadi)

Baca Juga: Teodora Lesning Prabaswara: Penari Muda Berbakat Pelestari Kebudayaan Indonesia #InspirasiCantik

Makeup dan Fashion yang Menjadi Ciri Khasku #InspirasiCantik

Bicara soal makeup dan fashion, penting baginya untuk tampil cantik dan modis setiap saat.

Baginya, secuek apapun perempuan terhadap penampilannya, ia tetap harus mengetahui bagaimana cara makeup sederhana dan berpakaian yang modis.

Selain itu, ia juga membagikan pandangan pribadinya soal makeup dan fashion dengan antusias kepada Livi Stylo.

“Menurutku makeup adalah seni, seni yang menggunakan tubuh kita sebagai media untuk berkreasi. Makeup pun banyak bentuk dan tujuannya, tidak ada make up yang benar dam salah selama kita merasa percaya diri dan bangga menggunakannya,” ujar Asri.

Perempuan cantik yang mengidolakan banyak beauty vlogger ini mengaku suka tampil dengan gaya makeup yang berbeda-beda tergantung acara dan situasinya.

Untuk sehari-hari, Asri lebih suka tampil dengan gaya makeup natural dan minimalis yang cukup mmebuat wajahnya terlihat segar saat beraktivitas sepanjang hari.

Saat menghadiri acara spesial, diakui dirinya lebih suka tampil dengan gaya makeup yang bold yaitu smokey eyes dan lipstik nude.

Concealer dari merek L’Oreal menjadi makeup item favorit Asri sejak SMA karena ampuh menutupi kantung matanya yang disebabkan oleh faktor genetik.

Fashion juga sama halnya dengan makeup, Bagi Asri outfit yang dipakai seseorang merupakan cerminan diri yang ingin ia tunjukan pada orang lain.

Dalam berbusana, Asri menceritakan dirinya adalah orang yang dinamis dan suka mengikuti tren fashion yang silih berganti setiap tahunnya.

Meski suka mengikuti tren fashion yang sedang hits, perempuan yang hobi menggambar ini lebih suka tampil dengan gaya fashion yang minimalis dan elegan.

OOTD bernuansa monokrom sering menjadi andalan Asri untuk tampil modis sehari-hari maupun acara spesial.

Setiap sebelum membeli fashion item yang diinginkannya, Asri mencoba memahami bentuk tubuhnya terlebih dahulu.

Baju model loose dan bawahan high waist menjadi fashion item favorit Asri karena dapat membuat ilusi tubuhnya terlihat lebih ramping dan jenjang secara instan.

Baca Juga: Amanda Hanaria Julianne: Kartini Milenial yang Mengabdikan Hidupnya Untuk Melayani Anak-anak Papua di Panti Asuhan #InspirasiCantik

Arti Cantik yang Sesungguhnya Bagi Asriyani Puteri #InspirasiCantik

Sebagai narasumber #InspirasiCantik kali ini, seperti apakah arti cantik yang sesungguhnya bagi perempuan berzodiak Gemini ini?

“Cantik yang sesungguhnya itu ketika kamu bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan dirimu apa adanya tanpa membanding-bandingkannya dengan orang lain. Intinya, semua perempuan itu cantik di mata orang yang tepat,” ujar Asri.

Asri juga tak lupa memberikan pesan kepada Stylovers dan para pejuang Acne Fighter untuk selalu semangat dan yakin bisa melewati semua ini seperti dirinya.

“Untuk pejuang jerawat, punya jerawat adalah pelajaran untuk kita supaya lebih mencintai diri sendiri. Pahami batas sejauh mana kulit kita bisa membaik. Terkadang dalam berusaha, kita membuat target yang diluar batas realistis kulit kita sendiri. Aku tidak terobsesi dengan kulit "glass skin" ala Korea yang sangat mulus dan putih, bagiku memiliki kulit yang lebih bersih sudah cukup membuatku merasa baik dan percaya diri. Semangat Stylovers!” pesan Asri sekaligus mengakhiri wawancaranya dengan Livi Stylo.

Bagi kamu yang juga ingin berbagi kisah atau cerita inspiratif lainnya dan ingin menularkan semangat positif kepada Stylovers lainnya, kamu boleh mengirimkan email ke stylo@gridnetwork atau DM ke Styloteam di Instagram !stylo.indonesia ya.

Dengan senang hati Styloteam akan bantu kamu membagikan semua hal positif bagi banyak orang.

Jangan takut untuk menjadi diri sendiri selama itu positif dan dapat membantu orang lain untuk berkembang.

Karena #SemuaBisaCantik adalah milik kamu, milik kita, dan milik semua wanita di dunia ini.

Semangat ya, Stylovers!(*)

#SemuaBisaCantik