Mengenang Sosok Kenzo Takada, Desainer yang Membawa Fashion Jepang ke Mata Dunia

By Cerysa Nur Insani, Senin, 5 Oktober 2020 | 14:20 WIB
Mengenang Sosok Kenzo Takada, Desainer yang Membawa Fashion Jepang ke Mata Dunia (www.nytimes.com)

Stylo Indonesia - Berita duka baru saja menimpa dunia fashion internasional di tengah pandemi Covid-19.

Kenzo Takada, desainer yang telah membantu membawa mode fashion Jepang ke mata dunia, meninggal pada hari Minggu, 4 Oktober 2020 di sebuah rumah sakit di Paris. Ia berusia 81 tahun.

Dilansir dari The New York Times, penyebabnya adalah komplikasi dari Covid-19, menurut juru bicara perancang tersebut, seraya menambahkan bahwa ia telah sakit selama beberapa minggu.

Desainer yang biasanya dipanggil hanya sebagai Kenzo ini, menggetarkan dunia mode Prancis setelah tiba dari Jepang pada tahun 1964.

Baca Juga: Terlihat Simpel, Nagita Slavina Pakai Kaus Warna Favoritnya dengan Harga Fantastis Banjir Pujian Netizen

Meskipun awalnya iia berencana untuk tinggal di Paris hanya enam bulan, iia akhirnya tinggal di sana selama 56 tahun, dan karyanya membuka pintu tidak hanya untuk desainer Jepang yang sangat berpengaruh yang datang setelahnya, seperti Yohji Yamamoto dan Rei Kawakubo, tetapi juga menciptakan mix and match baru, warna dan budaya, merangkul keragaman, dan mempengaruhi generasi.

Kenzo Takada adalah sosok yang sangat istimewa di dunia mode Paris,” kata Olivier Gabet, direktur Musée des Arts Décoratifs.

“Begitu banyak orang yang saling tidak menyukai atau membenci satu sama lain tapi setuju bahwa mereka mencintai Kenzo Takada.”