Covid-19 Terbukti Menular Lewat Udara Atau “Airborne”, Ini Cara Terbaik Untuk Melindungi Diri!

By Stylo Indonesia, Jumat, 17 Juli 2020 | 15:48 WIB
Covid-19 Terbukti Menular Lewat Udara Atau “Airborne”, Ini Cara Terbaik Untuk Melindungi Diri! (www.freepik.com)

Stylo.ID - Penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona jenis baru telah dinyatakan dapat menyebar lewat udara atau bersifat airborne oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang beredar Covid-19 disebut hanya menular melalui droplet atau tetesan air liur yang bisa keluar dari tubuh orang yang terinfeksi saat mereka batuk, bersin, atau berbicara.

Namun, penelitian terbaru justru menemukan bahwa Covid-19 juga bisa menular dengan mudah melalui partikel berukuran kecil yang bisa melayang di udara selama berjam-jam dan sangat mungkin untuk terhirup oleh seseorang.

Itu sebabnya, menjaga jarak minimal dua meter di ruang tertutup tidak cukup untuk mencegah penyebaran virus ini. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa melindungi diri dari infeksi Covid-19?

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ternyata Ini Efek Samping Jika Bekerja di Atas Kasur Terlalu Sering Saat WFH

Melansir data Healthline, cara terbaik untuk mencegah infeksi corona yang telah dinyatakan menular lewat airborne ini adalah dengan menghindari kerumunan di rungan tertutup.

Setiap gedung atau ruangan juga harus memiliki ventilasi udara yang efektif.

"Cara ini memiliki efek yang jauh lebih positif untuk mencegah penularan virus daripada hanya sekadar melakukan physical distancing," ucap Robert Glatter, pakar kesehatan dari New York.